Pelajar Kecamatan Kusan Hulu Tanbu Dibekali Pendidikan Politik

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) Tanah Bumbu membekali pendidikan politik bagi pemuda khususnya pelajar. 

Pelaksanaan kegiatan ini, mengusung tema “Peran pemuda dalam pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah” dengan menyasar para pelajar SMA Negeri 1 dan SMKN 1 Kusan Hulu, Selasa (16/5/2023) di Desa Binawara. 

Kegiatan dibuka Bupati Tanbu Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Mahriyadi Noor. 

Dikesempatan ini, Bupati mengajak kaum pemuda untuk aktif pada pagelaran kontestasi pemilu 2024 mendatang. Ia menyebut keterlibatan kaum pemuda diharapkan akan membawa pemilu ke arah jauh lebih baik dari sebelumnya. 

“Berbagai harapan pada pemilu mendatang harus berjalan baik, aman, dan tertib. Untuk itu dibutuhkan kebersamaan dalam menjaga semuanya. Salah satunya yaitu peranan para pemuda,” katanya 

Kemudian dia menilai keterlibatan pemuda dalam pemilu 2024 akan berperan penting bagi negara Indonesia. Sebab, menurut dia, kaum pemuda merupakan penerus estafet kepemimpinan Indonesia di masa mendatang. 

“Keterlibatan dari para pemilih milenial atau pemuda dalam perhelatan pesta demokrasi pemilu mendatang memang menjadi penting karena akan turut serta menentukan bagaimana arah bangsa ke depan,” ujar dia. 

Kepala Badan Kesbangpol Tanbu Nahrul Fajeri mengungkapkan pendidikan politik ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih, pengembangan etika, dan budaya politik guna mengantisipasi berbagai tantangan pemilu dan pilkada tahun 2024. 

“Oleh sebab itu, saya meminta kepada golongan muda untuk menggunakan hak pilih pada pemilu 2024 mendatang, dan juga menjaga keamanan dan ketertiban,” imbuhnya. 

Sambungnya, kalangan pelajar atau pemilih pemula perlu dibekali dengan pendidikan politik karena mereka adalah calon-calon pemilih yang akan memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 mendatang. Selain itu, para generasi penerus bangsa ini juga merupakan calon-calon pemimpin masa depan. 

Oleh sebab itu, pendidikan politik bagi pemilih pemula juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang politik, demokrasi di kalangan generasi muda atau kaum milenial dalam rangka mewujudkan demokrasi yang baik sehingga partisipasi mereka menentukan pilihannya sesuai dengan hati nurani masing-masing. 

Sementara itu kegiatan dihadiri Muspika Kecamatan Kusan Hulu dan menghadirkan narasumber dari pihak KPU Tanah Bumbu, Bawaslu Tanah Bumbu, serta Kementerian Agama Tanah Bumbu. 

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya