Puskesmas Mantuil Resmi Beroperasi, Ibnu Sina Harapkan Dapat Layani Kesehatan Masyarakat

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di kawasan Banjarmasin Selatan dipastikan dapat terlayani dengan maksimal, setelah Pemko Banjarmasin meresmikan Puskesmas Mantuil, di Jl. Halinau RT.08 RW.02, Banjarmasin Selatan. 

Puskesmas ke 28 di Banjarmasin itu langsung diresmikan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Kadinkes Banjarmasin, M Ramadhan bersama jajaran, Rabu (3/5/2023). 

Diketahui, pembangunan Puskesmas Mantuil, di Kawasan Banjarmasin Selatan  itu telah rampung pada bulan Februari 2023 lalu. 

Namun proses peresmian puskesmas di Kelurahan Mantuil terlambat dikarenakan perekrutan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang akan ditempatkan di puskesmas tersebut. 

Namun, saat ini puskesmas Mantuil sudah bisa beroperasi dan melayani masyarakat kawasan Mantuil dan sekitarnya. 

"Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang ingin berobat," ungkap Ibnu Sina, Rabu (03/05/23). 

Diketahui sebelumnya, penanganan kesehatan di wilayah Matuil dibawah naungan Puskesmas Pekauman. 

Banyak penghambat warga untuk berobat seperti akses yang cukup jauh. Namun dengan adanya puskesmas ini ujar Ibnu, tentu saja memudahkan masyarakat. 

"Dengan berdirinya puskesmas yang melayani Kelurahan Mantuil dan Basirih Selatan ini, kita sudah mengurangi beban Puskesmas Pekauman dan fokus melayani pelayanan kesehatan warga Mantuil," paparnya. 

Akan tetapi, masih ada beberapa sarana dan prasarana serta peralatan medis dan pelayanan kesehatan yang belum lengkap di puskesmas dengan anggaran pembangunan Rp4,5 miliar itu. 

Oleh sebab itu, Ibnu pun berharap dinas terkait sesegeranya untuk melengkapi sarpras lain, khususnya pelayanan poli gigi. 

"Jadi masyarakat yang ingin berobat bisa datang langsung ke pusksemas samping kelurahan ini. Termasuk warga kawasan bromo," pungkasnya. 

"Mudah-mudahan warga bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya," tutup Ibnu. 

Sementara itu, Laila salah satu warga kawasan Mantuil mengaku bersyukur sudah ada pelayanan kesehatan di kampungnya. 

Mengingat beberapa tahun terakhir, apalagi saat pandemi Covid-19, dirinya selalu kesulitan berobat karena akses cukup jauh. 

"Besyukur sekali, akhirnya bisa berobat lebih dekat. Kalau dulu itu jauh harus ke Pekauman," ungkap Laila. 

Dihari pertama buka ini pun, ia langsung mencoba berobat sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Mantuil itu. 

"Ini membawa anak dan keluarga, jadi sekalian berperiksa dan minta obat. Karena dekat jadi jalan kaki saja kesini," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya