Ribuan Data Telah Masuk Aplikasi Parak Acil Online

hallobanua.com, BANJARMASIN - Hanya dengan menggunakan smartphone dan Internet saat ini mengurus berbagai dokumen kependudukan pun sudah sangat mudah. 

Apalagi dengan hadirnya aplikasi Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Online (Parak Acil Online) dan Bakuliling Dokumen Administrasi Kependudukan Langsung Unjuk (Bakujuk) oleh Disdukcapil Kota Banjarmasin. 

Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Yusna Irawan mengatakan, dalam proses mengurus dokumen melalui aplikasi Parak Acil Online ini, hanya memerlukan waktu yang singkat saja. 

Ia bilang, sejak ujicoba dari bulan Januari sampai bulan Mei 2023 ini setidaknya sudah ada 11.850 data yang masuk. 

"Dan rata-rata penyelesaiannya hanya sekitar 27 menit asalkan persyaratan yang diminta lengkap," ungkap Yusna usai kegiatan launching, Rabu (10/05/23). 

Untuk hasilnya dokumen catatan sipil nanti, seperti akta kelahiran, akta kematian dan sejenisnya akan langsung dikirimkan via dokumen PDF ke pemohon untuk diprint sendiri, mengikuti aturan baru yang telah ditetapkan. 

"Lalu untuk dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Identitas dan lainnya masyarakat bisa memilih apakah ingin mencetak sendiri melalui UPT terdekat ataukah diantar melalui program bakujuk langsung ke rumah, Jadi tinggal dipilih," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya