Pemkab Tanah Bumbu Simak Pengendalian Inflasi Daerah, Ini Perkembangannya

Sejumlah pejabat Tanah Bumbu ketika mengikuti rapat pengendalian inflasi.
(Foto: Pemkab Tanah Bumbu)

hallobanua.com, TANAH BUMBU – Pemkab Tanah Bumbu mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflansi daerah secara daring. Rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah ini, dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Senin (8/5/2023). 

Rapat ini, dihadiri Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar diwakili Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan H Riduan, di dampingi Staf Ahli Bupati Mahriyadi Noor dan perwakilan Badan Pusat Statistik Tanbu bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait. 

Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan, pada April 2023 sudah mengevaluasi terhadap inflasi yang mana kesimpulan perkembangan yang cukup baik dimana inflasi turun ke angka 4,33 persen. 

Terus membaiknya inflasi di Indonesia tersebut, ujar Tito mendapatkan apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo. 

Ada tiga penyumbang inflasi yang signifikan di bulan lalu, pertama yaitu tarif transportasi terutama pada angkutan udara. 

Kenaikan lainnya di dukung dari inflasi makanan, minuman dan tembakau, selain itu poin ke tiga penyumbang inflasi yaitu perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga. 

“Bicara tentang inflasi adalah bicara tentang perut jutaan rakyat kita, kenaikan harga harus dilakukan intervensi, angka penurunan inflasi harus dipertahankan bahkan diturunkan lagi,” paparnya. 

Tito turut meminta dukungan kepada Pemerintah terkait kebijakan inovasi strategis dalam krisis pangan dan kondisi ekstrim kemarau panjang, akibat komoditas dan perubahan harga di lapangan. 

Menteri Tito mengharapkan semua pihak dapat bersatu untuk mempertahankan kesediaan panganan dan kerjasama antara pusat dan daerah dalam bentuk cadangan pangan. Yang mana kedepannya bukan hanya mempertahankan tapi juga menurunkan harga akibat inflasi. 

Turut memberikan presentasi maupun laporan terkait pengendalian inflasi yaitu Pudji Ismartini selaku Debuti Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Nyoto Suwignyo selaku Debuti Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, dari Kementan RI Bagus Hudoro, Brigjen TNI Eko Nursanto dan Satgas Pangan Polri. 

ags/ may
Tanah bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya