Wali Kota Banjarmasin Gencar Sosialisasikan Sekolah Siaga Kependudukan Di Banjarmasin

hallobanua.com, BANUARMASIN - Pemko Banjarmasin melaksanakan Sosialisasi Kependudukan di SMPN 6 Banjarmasin, Jl. Veteran, Kelurahan Melayu, Kecamatan Banjarmasin Tengah pada Rabu (03/05/23). 

Dalam kegiatan itu, turut dihadiri Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN RI, Edi Setiawan, Kepala BKKBN Kalsel, H Ramlan dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin, Helfiannor. 

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina mengatakan Sekolah Siaga Kependudukan ini merupakan program rintisan sejak beberapa tahun lalu. 

"Tahun lalu setidaknya ada 5 sekolah, tahun ini tambah 2 lagi. Ini penting memberikan sosialisasi kepada anak didik kita sejak dini, terkait pencegahan pernikahan dini," kata Ibnu, Rabu (03/05/23). 

Termasuk lanjut Ibnu, kesiapsiagaan bagi anak-anak didik dalam integrasi pembelajaran tentang tema yang diluar pembelajaran seperti tema kependudukan. 

"Saya kira itu jadi pemahaman baru bagi anak-anak. Kami harap bukan hanya 7 SMP ini saja, tapi bisa dilaksanakan di 35 SMP di Banjarmasin merintis penerapan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK)," pungkasnya. 

Diketahui, SMPN 6 Banjarmasin sendiri merupakan satu dari 7 SSK di Kota Banjarmasin yang terus mendapat stimulus terkait pendidikan kependudukan seperti pencegahan stunting. 

Melihat keberhasilan SMPN 6 Banjarmasin sebagai sekolah siaga kependudukan mewakili Kalsel hingga tingkat nasional, Kepala BKKBN Wilayah Kalimantan Selatan, Ir H Ramlan, menilai kegiatan sosialisasi kependudukan ini sangat strategis dan tepat sasaran. 

"Apalagi SMPN 6 Banjarmasin ini kan jadi Pioneer sebagai Sekolah Siaga Kependudukan di kota Banjarmasin," katanya. 

Melalui SSK, dia mengharapkan kepedulian tentang isu-isu kependudukan antara lain stunting, masalah yang terkait dengan kehidupan di Kota Banjarmasin. 

Seperti narkoba, kenakalan remaja, hingga kesenjangan sosial semakin meningkat. 

"Semoga dengan adanya SSK menyadarkan bahwa masalah kependudukan ini penting sekali bagi anak-anak dan kehidupan mereka setelah dewasa," bebernya. 

Ditambahkannya, dari 7 sekolah yang sudah berpredikat SSK ini, pihaknya yakin, sejauh ini mereka sudah saling berlomba untuk memajukan dan meningkatkan kesadaran terhadap masalah kependudukan yang ada di sekitarnya. 

Sementara itu, Edi Setiawan turut mengapresiasi kehadiran Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang turut berpartisipasi dalam kegiatan hari ini. 

"Ini merupakan apresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap sekolah yang menerapkan SSK. Karena SSK ini tidak hanya sekolah seperti pada umumnya, tetapi bagaimana permasalahan kependudukan diintegrasikan pada pendidikan," tandasnya. 

SSK ujarnya sangat dibutuhkan untuk bisa mengawal generasi sekarang agar sadar mengatasi masalah kependudukan seperti masalah stunting, pernikahan dini, dan lainnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya