Alat Mitigasi Bencana Banjir Hantarkan Warga Kecamatan Mantewe Juara Lomba

hallobanua.com, TANAH BUMBU – Inovasi alat mitigasi bencana Banjir akhirnya membuat warga Kecamatan Mantewe berhasil meraih juara tiga pada lomba Tepat Guna (TTG) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu. 

Ada total tiga juta rupiah diberikan Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat yang diserahkan langsung oleh Kadis PMD Tanbu, Samsir pada Selasa (13/6/2023) pagi. 

Salah satu penerimanya, ialah Herry Efendy warga Desa Dukuh Rejo Kecamatan Mantewe yang berhasil meraih Juara III dan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. 

“Herry Efendy, salah satu warga Kecamatan Mantewe, tepatnya warga Desa Dukuh Rejo berhasil meraih Juara III pada lomba TTG Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Mantewe, M. Syabaruddin saat mendampingi dalam penyerahan hadiah tersebut. 

Dalam lomba itu, sebutnya Kecamatan Mantewe turut andil dalam lomba TTG yang diwakili oleh Desa Dukuh Rejo dengan Alat Mitigasi Bencana Banjir yang diberi nama “PETIR” atau Pemantau Tinggi Air Sungai berbasis IOT (Internet Of Things). 

Alat tersebut tercipta dari suatu permasalahan yang terjadi di Desa Dukuh Rejo maka terciptalah inovasi alat yang mampu mendeteksi tingkat kerawanan bencana khususnya banjir. 

Melalui alat ini, kita dapat mengetahui informasi berupa indikator ketinggian/level air sungai dengan tanda dari pembacaan nilai jarak air dengan sensor. 

“Harapannya kedepan, Desa-desa lainnya di Kecamatan Mantewe ikut berpartisipasi pada kegiatan lomba TTG sehingga dapat menciptakan suatu teknologi yang bagus dan tepat sasaran, serta bermanfaat,” sebutnya. 

Adapun indikator pada alat PETIR yaitu jika jarak air dengan sensor lebih dari 320 cm atau kurang dari 350 cm maka indikator LCD berwarna hijau menyala dengan status tampilan Aman, jika jarak air dengan sensor lebih dari 100 cm atau kurang dari 150 cm maka indikator berwarna kuning menyala dengan status tampilan Siaga, dan jika jarak air dengan sensor lebih 30 cm atau kurang dari 50 cm maka indikator berwarna merah menyala dengan status tampilan Bahaya. 

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya