Pemkab Tanbu dan Kotabaru Bahas RTR Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional

hallobanua.com, TANAH BUMBU – Pemkab Tanah Bumbu mengikuti kegiatan Forum Group Discussion (FGD) penyusunan teknis ruang perairan Rencana Tata Ruang (RTR) atau Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional (RZ-KSN) kawasan Batulicin yang mencakup wilayah Tanah Bumbu. 

Pembahasan ini, bertempat di room Setda Kotabaru, Selasa (13/6/2023). Rapat FGD dilaksanakan 12 hingga 13 Juni 2023. Rapat ini, dihadiri Plt Direktur Tata Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Tim dari IPB Bogor, UNLAM, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kotabaru. 

Seperti diketahui, FGD ini terkait RTR RZ-KSN. Di mana, arahan kebijakan perencanaan ruang perairan RTR RZ-KSN Kawasan Batulicin, pengembangan sektor unggulan kelautan dan perikanan dikawasan pesisir Tanah Bumbu dan Kotabaru, analisa sistem logistik kelautan dan perikanan dalam pengembangan KSN Kawasan Batulicin dan terkait isu strategis dan alternatif pengembangan di KSN kawasan Batulicin. 

Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Dahliansyah mengatakan, penyusunan Rencana Zonasi KSN penataan ruang laut ini tentu sangat setrategis dalam rangka mendukung pengembangan sektor perikanan khususnya di Tanah Bumbu. 

“Melalui penyusunan zonasi ini tentu kami berharap tidak mengabaikan kepentingan masyarakat nelayan kita dipesisir, Potensi-potensi kawasan perikanan budidaya air payau dan air tawar tetap menjadi perhatian dalam menyusun RTR RZ-KSN ini, Apa lagi kita sebagai penyangga pangan IKN nantinya,” imbuhnya. 

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya