Dua Lurah Banjarmasin Terima Penghargaan Paralegal Justice Award

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dua lurah di Banjarmasin yakni Lurah Pasar Lama, Yandi Gunawan, SH.MH dan Lurah Sungai Baru, Zalia Hadist mendapatkan anugerah Paralegal Justice Award 2023 oleh Badan Pembina Hukum Nasional (BPHM). 

Penghargaan diberikan langsung Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly pada malam penganugerahan Kamis malam (01/06/2023) atau bertepatan dengan hari lahir Pancasila, di Jakarta. 

Paralegal Justice Award (PJA) merupakan anugerah untuk kepala desa/lurah yang dapat memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat atau berperan sebagai mediator kasus hukum atau penyeleesaian pidana kecil yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan atau kearifan lokal. 

Lurah Sungai Baru, Zelia Hadist mengatakan, ada dua kriteria nominasi dalam Paralegal Justice Award. 

Pertama, sebagai non litigation peacemaker yaitu peran hakim perdamaian di luar pengadilan dan untuk kelurahannya yakni penghargaan Anubhawa sasana desa jagaddhita yaitu kelurahan sadar hukum tematik yanh mendorong pertumbuhan investasi, pariwisata, dan lapangan pekerjaan. 

"Kemarin yang mengikuti sebanyak 800 peserta dan kami lulus sebagai 300 nominasi  dari 30 provinsi", ujar Zelia. 

Ditambahkan, Lurah Pasar Lama, Yandi Gunawan, SH.MH mengatakan, PJA menjalani diklat ideologi Pancasila mulai dinilai pada senin hingga Jumat, 27 mei - 1 Juni 2023 di Jakarta. 

"Misi kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait penyelesaian sengketa di masyarakat melalui mediasi, lurah juga berhak mendapatkan gelar atau titel NL.P (Non Litigation Peacemaker), "kata Yandi. 

Dya/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya