Ini Upaya Disbunak Tabalong Antisipasi Penyakit Rabies


hallobanua.com, TANJUNG - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Tabalong saat ini tengah melakukan upaya antisipasi penularan penyakit rabies pada hewan. 

Pasalnya, penyakit rabies saat ini sudah memasuki wilayah sentral di Tabalong. 

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesmavet Disbunnak Tabalong, Drh. Suwandi mengatakan, antisipasi rabies pihaknya melakukan upaya vaksinasi. 

"Kita sudah melakukan upaya vaksinasi, aaat ini sudah kita siapkan 1500 dosis yang akan dilakukan kepada Hewan Penular Rabies (HPR) yang ditujukan kepada anjing, kucing, monyet dan musang, itu target kita," kata Suwandi, Senin (25/6/2023). 

Suwandi juga berharap, penyakit rabies pada HPR bisa ditekan di Kabupaten Tabalong. 

"Semoga dengan rabies ini bisa kita tekan bahkan kita hilangkan di Kabupaten Tabalong ini," harapnya. 

Selain itu, antisipasi lainnya (Disbunak) Kabupaten Tabalong telah membuat kader vaksinator rabies khususnya yang ada di Desa Warukin dan Kecamatan Upau. 

"Kita melibatkan masyarakat disertai bimbingan teknis untuk melakukan penyuntikan vaksin. Kita menggunakan sumber daya lokal supaya kita tidak terhalang komunikasi," terang Suwandi 

Ditambahkannya, pengkaderan vaksinator ini sudah dilakukan pada bulan Februari lalu, dan sudah mulai jalan di wilayah Warukin dan Upau. 

"Dari masing-masing wilayah tersebut, ada 7 orang vaksinator rabies yang bertugas melakukan punyuntikan vaksin rabies," tandasnya. 

Selain di dua wilayah tersebut, wilayah lain yang memang jumlah hewannya tidak terlalu banyak juga sudah pihaknya upayakan vaksinasi rabies. 

"Dari Disbunak Tabalong melalui tim paramedic sudah kita upayakan melakukan vaksinasi rabies juga. Selama ini kasus-kasus gigitan yang selalu ada tiap tahun kita focuskan kepada kader vaksinator disana," pungkasnya. 

Ismi/ may
Tabalong
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya