Kawasan Sungai Andai Jadi Pioner Kampung Merah Putih di Banjarmasin, Ibnu Sina : Inovasi Warga Mencintai Bangsa dan Negara

hallobanua.com, BANJARMASIN - Moment Peringatan Hari Lahir Pancasila setidaknya ikut menjadi sejarah bagi warga masyarakat di.Komplek Herlina Perkasa Jl Cengkeh dan Ar Rahman RT 70 Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara. 

Pasalnya, kampung mereka secara resmi dicanangkan sebagai Kampung Merah Putih ( Kamaratih), oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Kamis (1/6/2023). 

Saat dilakukan kick off, dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, secara serentak warga di blok di kawasan RT 70, mengibarkan dan memasang bendera merah putih di depan pekarangan rumah warga dan jalan lingkungan. 

Tak ketinggalan, Paskibraka Kota Banjarmasin, siswa SD dan SLTP, ikut meramaikan kick off pencanangan Kampung Merah Putih tersebut. 

Walikota didampingi Forkopimda Kota Banjarmasin, juga melakukan peletakan batu pertama, sebagai tanda akan dibangun pintu gerbang/gapura Kamaratih di kawasan tersebut. 

Tak ketinggalan turut pula diserahkan ratusan bibit pohon kemudian dilakukan penanaman oleh warga. 

Program penyelenggaraan Kamaratih ini diinisiasi dan dilaksanakan oleh Kesbangpol Kota Banjarmasin melalui Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) bersama warga Sungai Andai. 

Menurut Ibnu Sina, Kamaratih diharapkan dapat meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara dilingkungan masyarakat yang meliputi 4 monsensus dasar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. 

"Saya apresiasi warga Sungai Andai. Ini bagian dari inovasi kita mencintai bangsa dan bendera merah putih," ungkapnya, Kamis (01/05/23). 

Kick off pencanangan kamaratih ini ujar Ibnu, juga sekaligus momentum 1 Juni yakni Hari Lahir Pancasila. 

'Dan ditancapkan di rumah masing-masing. Dan hari ini juga peletakan batu pertama untuk pembangunan gapura," ujarnya. 

Ibnu pun berharap, dengan pencanangan kamaratih ini, menjadi cara dan upaya pemerintah memberikan edukasi kepada generasi yang akan datang. 

"Termasuk juga warga kota Banjarmasin lainnya. Dan ini juga menjadi wisata edukasi di Banjarmasin, dimana masyarakatnya bisa terlihat gotong royong," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua RT. 70, Fikri Mulyadi mengatakan, bersyukur kawasan kampungnya terpilih menjadi pencanangan Kamaratih. 

"Karena kita setiap hari-hari besar di Indonesia, kita selalu memasang bendera merah putih dan lampu-lampu," katanya. 

Ia mengungkapkan, setidaknya ada 400 rumah warga yang telah dipasang hiasan bendera merah putih. 

"1 blok itu ada 1 ketua blok, jadi kalau 10 itu berarti 10 ketua blok. Kita akan pasang di hari-hari besar Indonesia seperti hari Kesaktian Pancasila, 17 Agustusan, 30 September hingga 1 Oktober. Jadi terus berjalan selama 1 tahun," tuntasnya. 

Ia pun berharap, kedepannya kamaratih di Sungai Andai ini menjadi pioner untuk kampung-kampung lain di Kota Banjarmasin. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota Bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya