Sambut Detik-Detik Waisak di Banjarmasin, Ratusan Ummat Budha Akan Sambangi Vihara Dhammasoka

hallobanua.com, BANJARMASIN - Berbagai persiapan telah dilakukan Vihara Buddha Dhammasoka, di Jalan Pierre Tendean Banjarmasin untuk menyambut detik-detik peringatan Hari Raya Waisak 2567 TB/ 2023 ini, yang jatuh pada hari Minggu, (04/06/23). 

Tentunya ummat Buddha merayakan dengan penuh suka cita Waisak tahun ini, khususnya di Banjarmasin. 

Rencananya detik-detik Trisuci Waisak tahun 2567 TB/ 2023 ini dilaksanakan pada pukul 11.41 Wita. 

"Menjelang detik Waisak, kami akan melaksanakan Puja Bakti disini dan melaksanakan meditasi pada saat Waisak," ujar Pimpinan Vihara Buddha Dhammasoka, Pandita Sarwadharma kepada hallobanua.com, Minggu (04/06/23). 

"Karena saat bulan purnama itulah, Pangeran Sidharta itu menjadi Budhha. Dan itu momen ummat Budhha untuk refleksi perjuangan dari Sidharta," lanjutnya. 

Ia pun memprediksi, bakal ada ratusan hingga ribuan ummat yang akan hadir dalam perayaan Waisak tersebut. 

"Kalau normal itu sekitar 700 sampai seribuan yang akan hadir ke vihara," bebernya. 

Sebelumnya, berbagai kegiatan telah dilaksanakan, salah satunya acara persembahan dana makanan kepada Bhikkhu atau Pindapata. 

"Karena hidup bhikkhu itu ditunjang oleh seluruh ummatnya. Jadi ksbiasaan tiap pagi bhikkhu mendapat dana makanan," bebernya. 

Di momen Waisak tahun ini, ia pun berpesan kepada seluruh ummat agar terus memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. 

"Apalagi adanya kegiatan Bhikkhu dari Thailand yang berjalan ke Candi Borobudur itu. Kita lihat acara Thudong itu kan, membuat mereka kagum. Apalagi sambutan seluruh masyarakat lintas agama sangat luar biasa," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya