Gubernur Kalsel Kukuhkan Fachrudin Sebagai Direktur Utama Bank Kalsel

hallobanua.com, BANJARBARU - Sejalan dengan upaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemegang peran sentral dan strategis pembangunan daerah, Bank Kalsel kembali memperkuat strukturnya dengan dipenuhinya posisi Direktur Utama. 

Setelah beberapa bulan posisi ini belum definitif, maka dengan lahirnya Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEPR-53/D.03/2023 tanggal 15 Juni 2023 tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan, Fachrudin dinyatakan lulus sebagai Direktur Utama PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Perseroda). 

Hal ini diperkuat kembali dengan Akta Penetapan Direktur Utama Perseroan PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Perseroda) Nomor 1 tanggal 3 Juli 2023 yang mengesahkan pengangkatan yang bersangkutan sebagai Direktur Utama Bank Kalsel yang pelantikannya berlangsung hari ini. 

Setelah sebelumnya menjabat sebagai Plt. Direktur Utama merangkap Direktur Bisnis Bank Kalsel dalam kurun waktu 8 Februari 2023 hingga 2 Juli 2023, pada hari ini, Senin 3 Juli 2023, Fachrudin melakukan prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan sebagai Direktur Utama Bank Kalsel, efektif sejak tanggal 3 Juli 2023 sampai dengan tanggal 2 Juli 2028. 

Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, DR.(HC).H.Sahbirin Noor, S.Sos., M.H dengan disaksikan Bupati/Wali Kota Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, Jajaran FORKOPIMDA Kalsel, Kepala Dinas Prov. Kalsel, Jajaran Dewan Komisaris, Direksi, Group Head, Direktur UPZ, Kepala Divisi maupun Kepala Kantor Cabang Bank Kalsel, serta para tamu undangan baik dari kalangan BUMN/D, media, dan instansi lainnya, di Hotel Novotel Banjarbaru (3/7/2023). 

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor mengucapkan selamat dan sukse atas jabatan ektur Utama yang disematkan kepada Fachrudin, sekaligus berharap yang bersangkutan dalam mengemban amanah ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, bekerja secara profesional, serta menjunjung tinggi tanggung jawab, dalam menunaikan tugas dan kewenangan yang diamanahkan dalam jabatan.
"Saya yakin dan optimis, Saudara Fachrudin yang baru saja dilantik, mampu memberikan hasil kerja terbaik untuk kemajuan bank kalsel. Namun perlu diingat jabatan dan amanah ini bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada para pemegang saham, namun juga kepada rakyat dan terutama kepada Sang Khalik Allah SWT", tuturnya. 

Pada kesempatan yang sama, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin tersebut juga berpesan kepada Direktur Utama dan seluruh jajaran Bank Kalsel, agar terus berinovasi dalam upaya digitalisasi pelayanan perbankan serta memaksimalkan potensi kesyariahan dari produk jasa keuangan Bank Kalsel dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, tentang layanan syariah di bank kalsel.
"Buatlah manajemen terbaik di lingkungan Bank Kalsel, baik dari aspek pelayanan, pemasaran, peningkatan SDM, termasuk kehadiran Bank Kalsel untuk mendukung pengembangan UMKM, serta mendorong pergerakan perekonomian daerah", harap beliau. 

Usai dilantik, Direktur Utama Bank Kalsel, Fachrudin mengucapkan terima kasih dan menyatakan siap menjalankan amanah serta tugas yang diberikan kepada dirinya. la berkomitmen untuk lebih memajukan Bank Kalsel kedepan, agar tetap tangguh dan tumbuh. 

"Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang telah disematkan kepada saya oleh Seluruh Pemegang Saham untuk mengemban tugas Direktur Utama Bank Kalsel. Saya berkomitmen menjaga amanah yang diberikan, melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh tanggung jawab dalam meningkatkan kinerja dan layanan Bank Kalsel agar lebih baik lagi kedepannya", tutur Fachrudin. 

Senada dengan Paman Birin, Fachrudin mengungkapkan, tantangan yang akan dihadapi oleh industri perbankan tentunya akan semakin besar, oleh sebab itu Bank Kalsel harus senantiasa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perusahaan secara menyeluruh baik dari sisi layanan, bisnis, human resources maupun information & technology untuk kenyamanan dan kemudahan nasabah dalam bertransaksi. 

"Tentunya dalam mewujudkan hal tersebut, Saya tidak dapat bekerja sendiri. Perlu kerjasama yang solid antar lini pada Unit Kerja Bank Kalsel, sehingga apa yang kita cita-citakan bersama bagi kemajuan Bank Kalsel kita tercinta bisa terwujud. Oleh sebab itu, saya menghimbau kepada seluruh Insan Bank Kalsel, agar senantiasa menjaga kekompakan serta menjalankan setiap tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab dan berintegritas" pungkasnya. 

Berikut daftar riwayat hidup Dirut Bank Kalel, Fachrudin :  
Nama : Fachrudin
Tempat/Tanggal Lahir : Banjarmasin pada tanggal 07 Februari 1971 

Jabatan : Direktur Utama
Pendidikan : Memperoleh gelar S1- Manajemen, Universitas Lambung Mangkurat (1994).
Perjalanan Karir : Menjabat sebagai Plt. Direktur Utama sejak 8 Februari sampai dengan 2 Juli 2023. Sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis Bank Kalsel (2022-2023), Head of Business Group (2019-2022), Kepala Divisi Usaha Syariah (2019), Kepala Divisi Dana & Treasury (2018-2019), Pemimpin Kelompok Treasury & Dealers (2016-2018), Pemimpin Kelompok Bisnis Mikro (2014-2016), Pemimpin Kantor Cabang Barabai (2013-2014), Pemimpin Kantor Cabang Amuntai (2012-2013), Pemimpin Kantor Cabang Paringin (2010-2012), Pemimpin Kantor Cabang Tanjung (2010), Pemimpin Kantor Cabang Paringin (2005-2010), Pemimpin Sub Divisi Audit Kredit Cabang Utama (2004-2005), Pemimpin Sub Divisi Audit TSI Satuan Kerja Internal Audit (2002-2004), serta Pemimpin Seksi Administrasi dan Pelaporan Kredit Cabang Utama (2002). 

Tim liputan/ may
Ekonomi& bisnis
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya