Ini Kisah Sukses Pemuda Banjarmasin Penerima Beasiswa Ke Arab Saudi


hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemuda asal Kota Banjarmasin bernama Nurkholis Nuri, sukses mendapat beasiswa S1 di Universitas Najran, Arab Saudi pada 2022 lalu. 

Hal itu tentu menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi kota Seribu Sungai. 

Nuri mengambil jurusan Syariah Fakultas Syariah dan Usuluddin. Saat ini dia sudah menginjak semester 2. 

Kepada hallobanua.com, Nuri mengaku jika perjuangan untuk mendapat beasiswa penuh di luar negeri tentu tidak mudah. 

Dirinya harus terus mencari informasi terkini. Bahkan, dia sempat mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa di 13 kampus luar negeri. 

“Sebenarnya ada 2 kampus yang menerima. Universitas Najran dan Universitas Hafr Al-Baltin, tetapi pilihan hati saya yakin ke Najran,” bebernya Senin (31/7/2023). 

Ia mengaku, mendapat beasiswa dan berkuliah di luar negeri memang menjadi impiannya, apalagi setelah sempat menempuh pendidikan tingkat MTS hingga kelas 1 SMA di Ponpes Darul Hijrah Banjarbaru. Kemudian merantau ke Ponpes Darunnajah Jakarta hingga lulus jenjang SMA. 

Ditanya apa motivasinya untuk mendapatkan beasiswa itu? Ia mengaku tidak ingin membebankan kedua orangtua dengan biaya pendidikan yang mahal. 

“Bagaimana caranya agar orangtua tidak pusing memikirkan biaya kuliah, dan saya harus bisa mandiri sejak lulus pesantren,” ujarnya 

Tak hanya gratis menempuh pendidikan, beasiswa tersebut diketahui juga menanggung biaya hidup pemuda berusia 20 tahun itu selama di Saudi. 

"Selain itu, ada tambahan uang saku sekitar Rp 3,5 juta per bulan. Tiket pesawat pergi-pulang ke Banjarmasin ditanggung, termasuk perabotan rumah tangga saat di sana,” bebernya. 

Nuri sempat membagikan pengalaman dirinya selama hampir 1 tahun berada di Arab Saudi. Menurutnya, banyak perbedaan antara Saudi dengan Indonesia. Misalnya budaya di lingkungan kampus. 

“Setiap berpapasan, itu selalu mengucapkan salam dan menanyakan kabar, kalau di tanah air istilahnya basa-basi,” tuturnya. 

Kemudian, Nuri juga bilang tingkat keprihatinan terhadap agama di Arab Saudi juga sangat tinggi. 

“Banyak lagi hal lainnya, termasuk soal penyesuaian suhu dan makanan,” ujar putra dari pasangan H Talmas, dan Hj Saidah Afifah itu. 

Selama di Arab Saudi, Nuri selalu menjalin komunikasi dengan keluarga melalui panggilan video. Dia pun sering membagikan beberapa momen tertentu melalui media sosial Instagram pribadinya bernama @nurkholis.nr 

“Saat ini sedang libur semester, jadi balik dulu ke Banjarmasin. Insyaallah akan kembali lagi ke kampus pada 25 Agustus nanti,” pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya