Super Apps Banjarmasin Pintar Memukau di Ajang KIA 2023

hallobanua.com, BANJARMASIN - Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar presentasi lomba Inovasi Daerah pada Kamis (27/7/2023) di Aula BRIDA Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Dalam kegiatan itu turut diikuti Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin yang menghadirkan presentasi memukau dalam acara "Kal-Sel Innovation Award". 

Melalui aplikasi unggulan "Super Apps Banjarmasin Pintar", Diskominfotik Banjarmasin berhasil menarik perhatian dewan juri dengan konsep inovatif yang mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Presentasi inovasi Banjarmasin Pintar yang disampaikan oleh Kepala Diskominfotik, Windiasti Kartika menyajikan langkah maju dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan publik dan menciptakan kota yang lebih cerdas (Smart City). 

Aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur revolusioner yang berfokus pada kenyamanan, keamanan, dan partisipasi aktif warga dalam pembangunan kota. 

Salah satu fitur andalannya adalah Parak Acil Online yang mencakup seluruh pelayanan Administrasi Kependudukan secara Online, CCTV, fasilitas kesehatan, pendidikan, serta fitur lainnya.
"Syukur Alhamdulillah, mereka memuji keberadaan Aplikasi kita ini, karena ini adalah sebuah aplikasi yang terintegrasi pada pelayanan publik dan pemerintahan sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan," ucap Windi melalui siaran pers, Jumat (28/7/2023) 

"Tidak perlu mendownload satu persatu aplikasi-aplikasi layanan publik, tetapi cukup dengan satu aplikasi Banjarmasin pintar warga sudah mendapatkan seluruh layanan," sambungnya. 

Dilanjutkannya, aplikasi Banjarmasin Pintar juga memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan dan pengaduan terkait isu-isu lingkungan, infrastruktur, dan keamanan. 

Dengan menggunakan fitur E-Lapor yang tampil di Beranda, data dari laporan masyarakat dapat segera diintegrasikan dan ditindaklanjuti secara cepat oleh instansi yang bersangkutan, sehingga meningkatkan tingkat kepuasan warga terhadap pelayanan pemerintah daerah. 

"Dewan juri juga menyarankan agar kita siap untuk bisa mereplikasi aplikasi ini ke daerah-daerah di sekitar kita, khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan," ujarnya. 

Windi pun berharap, dari paparan kemarin, pihaknya bisa memberikan hasil yang terbaik bagi Kota Banjarmasin di ajang KIA 2023. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya