Danrem 101/ Antasari Pinta Kerjasama Masyarakat Cegah Karhutla

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan (Kalsel), rupanya menjadi perhatian banyak pihak. Salah satunya jajaran Komando Resor Miiter (Korem) 101/Antasari.

Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto mengatakan setiap hari memerintahkan jajarannya untuk mengendalikan karhutla.

"Kita ada satgas darat dan satgas udara. Dan pagi ini kita monitor juga bersama pak Gubernur untuk membuka aliran air untuk membasahi beberapa wilayah yang sudah kering," ucapnya saat silaturahmi Danrem 101/Antasari bersama insan pers di Aula Korem 101/Antasari pada Kamis, (31/8/2023).

Danrem 101/Antasari itu tak menampik jika penanganan karhutla saat ini masih belum optimal.

Dirinya juga tak menampik, selain faktor alam, juga ada dugaan unsur kesengajaan terhadap kebakaran hutan dan lahan itu.

Oleh karena itu, hanya itu, dirinya turut meminta peran serta masyarakat di Kalsel agas sama-sama menjaga serta 

"Karena setiap hari titip api itu pasti ada terus. Dan itu tidak mungkin tidak ada yang membakar diawal, itu pasti ada. Makanya kan sudah ada yang ditetapkan tersangka, itu bukti bahwa ada unsur kesengajaan," ujarnya.
"Makanya saya pinta masyarakat atau pemilik lahan, kita bekerjasama menjaga kalau terbakar segera dipadamkan. Itu lebih efektif," sambungnya.

Ia pun berharap, puncak musim kemarau dan karhutla ini dapat dikendalikan dan dilewati seluruh elemen dan lapisan masyarakat.

Penulis : rian akhmad
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya