Seni Budaya Internasional Bakal Digelar Di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, akan melaksanakan gelaran Banjarmasin International Performing Art (BIPA) 2023.

Rencananya, even berkelas internasional akan menghadirkan para pelaku seni dari beberapa negara, komunitas seni dari beberapa Kabupaten/Kota dalam Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Luar Provinsi Kalsel.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disbudporapar Kota Banjarmasin, Zulfaisal menuturkan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 5 September 2023 di halaman Balai Kota Banjarmasin.

"Jadi rencananya ada 5 negara yang berpartisipasi termasuk Malaysia dan Singapura," ungkap Zulfaisal, Kamis (31/8/2023) melalui sambungan telepon.

Penyelenggaraan BIPA ini digelar sesuai visi dan misi Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Yakni kegiatan seni budaya bersifat nasional dan internasional.

"Banjarmasin ini, sepanjang sejara belum pernah ada kegiatan seni budaya yang bersifat internasional, jadi itu dasarnya," tuturnya.

Gelaran ini kata dia merupakan gelaran internasional perdana di Kota Seribu Sungai, termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Jadi rencananya background acaranya gedung Balai Kota Banjarmasin karena itu ikonik, dengan panggung 8×16," pungkas Zulfaisal.  

Diketahui, Banjarmasin International Performing Arts (BIPA) adalah pagelaran maha karya seni bertaraf International yang menampilkan penari, pemusik dan pemain teater dari Indonesia dan Manca Negara yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Tahun 2023 ini.

BIPA merupakan konsep adapatasi dari Solo International Performing Arts "SIPA". Keindahan pergelarannya akan menawarkan beragam seni pertunjukan dari berbagai belahan dunia sehingga menjadi pertukaran kolaborasi, kreatifitas pelaku seni di Provinsi Kalimantan Selatan Khususnya Kota Banjarmasin

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya