Sandiaga Uno Kagumi Desa Wisata Kuin Utara

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dalam rangka kegiatan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraft) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno,  kunjungi Desa Wisata Kuin Utara pada Kamis (3/8/2023). 

Kedatangan Sandiaga Uno ke lokasi pertama yakni di kawasan komplek Makam Sultan Suriansyah Banjarmasin. 

Dari pantauan media ini, kedatangan Kemenparekraf RI itu disambut langsung Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan Wakilnya Arifin Noor, serta jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, diiringi kesenian tradisional Hadrah. 

Disana, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) juga berkesempatan memaparkan keunggulan wisata di kawasan Kuin Utara tsrsebut. 

Berselang, para rombongan juga berkesempatan melakukan ziarah ke komplek Raja Banjar pertama tersebut. 

Tak lupa, Menteri Sandiaga Uno bersama unsur Forkopimda Banjarmasin juga sempat berkunjung ke Museum Makam Sultan Suriansyah yang masih berada di komplek makam Sultan Banjar tersebut. 

Berselang beberapa waktu, rombongan pun kembali berkesempatan menikmati susur sungai mulai dari makam menuju Masjid Sultan Suriansyah. 

Disana, Sandiaga ditemani Wali Kota Banjarmasin juga melaksanakan Sholat Ashar berjamaah bersama unsur Forkopimda Banjarmasin. 

Dalam konferensi pers yang dihelat, Sandiaga Uno mengatakan, ada 2 potensi wisata yang berada di kawasan Desa Wisata Kuin Utara. 

"Disini ada 2 potensi wisata religi yang saya lihat, yakni Makam Sultan Suriansyah dan Masjid Sultan Suriansyah. Ini menunjukan 4 AS yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas," ungkap Sandiaga Uno, Kamis (3/7/2023). 


Sebelumnya kata dia, berkat kerja cerdas Pemko Banjarmasin, desa wisata Kubah Basirih sukses harumkan nama Kalsel di kancah ADWI 2022.

Lantas, ditahun ini kata dia, kota Banjarmasin kembali diharumkan dengan masuknya desa wisata Kuin Utara dalam 75 besar ADWI 2023. 

"Insyallah ini ada bagian dari satu desa wisata yang fokus pada kolaborasi wisata religi," ujarnya. 

Oleh sebab itu, Pemerintah Pusat kata Sandi siap mendukung perkembangan wisata di lokal. 

"Ini Masjid Sultan Suriansyah merupakan titik 0 dari Banjarmasin. Kita bisa lihat keindahan karya seni dan kaligrafi yang ternyata bisa kita jadikan destinasi. Ini sangat mengandung aspek budaya dan kearifan kita," tuturnya. 

Salam kesempatan itu, Menparekraf juga langsung msngukuhkan Pokdarwis di kawasan tersebut untuk melakukan pengelolaan. 

"Mudah-mudahan bisa msnciptakan 4,4 juta wirausaha baru pada tahun 2024 mendatang," pungkasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina juga turut mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno di kawasan desa wisata Kuin Utara itu. 

"Terima kasih pak Sandiaga Uno yang tak henti-hentinya mendukung dunia pariwisata Indonesia, khususnya Banjarmasin," tutup Ibnu. 

Kedatangan Sandiaga Uno di Kampung Wisata Kuin Utara untuk meninjau dan memberikan anugerah secara langsung bersama para Dewan Juri kepada 75 desa wisata terbaik ADWI 2023. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya