Cek Kesehatan Sejak Dini, Pemko Bakal Lakukan Tes Urine

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin mewacanakan melakukan tes urine terhadap para pelajar SD dan SMP di Kota Banjarmasin.

Hal itu disampaikan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina beberapa saat lalu kepada awak media. 

Menurut Ibnu, rencana tes urine itu dilakukan sebagai upaya mendeteksi dini akan adanya penyakit.

Ia bilang, melalui tes itu penyakit yang akan diderita anak ketika dewasa juga langsung bisa diketahui atau dicegah.

"Ini oleh-oleh yang kami dapat ketika melakukan kunjungan ke Jepang, saat menindaklanjuti kerjasama program beasiswa para tenaga kesehatan (nakes) beberapa waktu lalu," ungkap Wali Kota Banjarmasin itu kepada hallobanua.com. 

Ibnu menjelaskan, salah satu penyebab penyakit pada seseorang ketika dewasa, karena pada usia dini yang bersangkutan tidak mendapatkan atau melakukan pemeriksaan terkait potensi penyakit. Lantas, penyakit yang diderita baru diketahui ketika sudah parah. 

Oleh karena itu, ketika tes urine dilakukan secara dini kepada anak-anak sekolah, ada banyak potensi penyakit yang bisa dicegah.

"Ini baru pertama kali dilakukan. Semua anak sekolah, di cek urine yang sederhana saja. Dari situ bisa dilihat. Berapa gula darahnya, asam urat dan sebagaimana," paparnya.

Dia menyebut, jika tes urin akan dilakukan di seluruh sekolah di Kota Seribu Sungai dibawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin.

"Kami mohon untuk dicek urine. Anak-anak SD dan SMP saja," pungkas Ibnu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya