Lomba Olahraga Tradisional Meriahkan Haornas Di Banjarmasin


hallobanua.com, BANJARMASIN - Lomba Olahraga Tradisional dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 44, resmi dibuka di Halaman Balai Kota, pada Sabtu (30/9/2023).

Kegiatan turut dibuka langsung Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersama jajaran SKPD dan Forkopimda lingkup Kota Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu, Ibnu mengatakan gelaran olahraga tradisional tersebut melibatkan 7 Induk Olahraga (Inorga) binaan dari Kormi Kota Banjarmasin.

Tujuh olahraga tradisional yang dipertandingkan diantaranya badaku, enggrang, hadang, balogo dan Asinan.

"Sehingga yang dipertandingkan olahraga tradisional dari induk olahraga masing - masing," ujar Ibnu usai membuka gelaran olahraga tradisional.

Tak hanya itu, pihaknya sangat mengapresiasi atas keberhasilan atlet meraih medali emas dicabang renang di Kamboja. Serta atlet disabalitas yang berhasil juara internasional, serta beberapa atlet yang berhasil meraih prestasi di Fornas beberapa waktu lalu.

"Kami harapkan ini menjadi motivasi bagi atlet kita terus pertahankan tradisi juara," tandasnya.

Terpisah, Ketua Kormi Kota Banjarmasin, Uzlah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya pihaknya terus mengembangkan olahraga tradisional di Banjarmasin.

Terutama dalam peringatan Haornas sekaligus peringatan Harjad ke 497 Banjarmasin, para atlet bisa terus berkembang dan lebih berprestasi lagi.

"Kami harapkan juga nantinya olahraga yang akan dipertandingkan akan bertambah hingga 10," tuturnya.

Selain itu kata ia pihaknya saat ini terus mensosialisasikan olahraga tradisional kemasyarakat.

"Tentu hal itu agar bisa terus berkembang tanpa ada batas," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya