Puluhan Peserta Siap Ramaikan Jukung Hias Harjad Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Festival Jukung Hias Tanglong di Siring Menara Pandang di Jalan Pierre Tendean Kota Banjarmasin pada Sabtu (23/9/2023) malam nanti, siap digelar Disbudporapar Banjarmasin.

Kabid Pariwisata Disbudporapar Banjarmasin Fitriah mengatakan, dalam kegiatan Jukung Hias Tanglong diikuti sebanyak 39 perserta dengan rincian 16 kelotok tidak bermesin alias jukung dan 23 kelotok bermesin. 

"Jukung hias tanglong ini merebutkan hadiah sebesar Rp 94 juta untuk juara satu, dua, dan tiga, serta dua juara favorit," ungkap Fitriah saat konfrensi pers Rabu (20/9/2023) kemarin di Rummah Anno Banjarmasin. 

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan subsidi kelotok sesuai jumlah peserta kelotok. 

"Biasanya kita berikan kepada acil-acil pasar terapung," ujar Fitriah. 

Adapun kategori penilaian lomba ini bebernya ada 4 aspek. Pertama anti keindahan, kemudian kerumitan, hingga inovasi perserta serta penyesuain dengan tema.

"Juri nantinya ada 5 orang, diantaranya 1 orang dari kalangan seniman di Banjarmasin, Julak Larau. Serta tokoh masyarakat Hesli Julianto," jelasnya.

"Untuk perserta untuk warga umum, SKPD pemerintah PDAM, PALD, Karang Taruna, hingga perbankan. Memang target kami 50 peserta. Tapi yang berminat 39 saja," paparnya. 

Kegiatan ini juga akan dimeriahkan artis lokal dan artis nasional seperti Salma Salsabil, jebolan Indonesian Idol, serta juga akan ada band Banjarbakula. 

"Salma nanti akan datang dan menghibur warga Banjarmasin. Warga yang ingin menonton tidak dipungut biaya alias gratis," katanya. 

Tak hanya itu, selain menghibur warga Banjarmasin. Salma rencananya juga akan bertemu dengan fansnya di Banjarmasin. 

"Ada permintaan untuk jumpa fans. Ini dari fans sendiri yang meminta kepada kami. Memang harus diakui jika Salma di Banjarmasin sangat populer," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya