Sekda Ambo Sakka Resmikan Penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan Ini

Hallobanua.com, Tanah Bumbu - Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar diwakili oleh Sekda, H. Ambo Sakka secara resmi membuka Penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan Rencana Tata Ruang/Rencana Zonasi Konsultasi Strategis Nasional (RTR/RZ KSN) Kawasan Batulicin.

Kegiatan berlangsung belum lama ini, bertempat di aula Hotel Ebony Batulicin yang dihadiri secara langsung maupun melalui zoom meeting. 

Agenda ini, melibatkan berbagai pemangku kepentingan yakni Pemkab Tanah Bumbu dan Pemkab Kotabaru, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kementerian dan Lembaga terkait, Perguruan Tinggi, Asosiasi, BUMN, Swasta, dan masyarakat.

Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Asparani menyebut Kawasan Batulicin merupakan salah satu dari 28 Kawasan Strategis Nasional zonasi perairannya.

Adapun Wilayah Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional (RZ KSN) Kawasan Batulicin, meliputi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Proses penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan Kawasan Batulicin ini, akan mengintegrasikan dan menetapkan dalam Peraturan Presiden tentang Rencana Tata Ruang (RTR) KSN Kawasan Batulicin.

“Kegiatan ini merupakan tahap kedua dari proses ini, setelah sebelumnya terlaksana pengumpulan data dan Focus Group Discussion (FGD) di Kabupaten Kotabaru pada bulan Juni yang lalu, dan kini lanjut di Kabupaten Tanah Bumbu,” terang Asparani.

Sementara itu Sekda H Ambo Sakka, dalam sambutannya mengatakan, bahwa perencanaan zonasi ini harapanya akan meningkatkan pengawasan terhadap perairan Kotabaru-Batulicin.

“Sehingga memberikan solusi terbaik untuk penentuan zonasi, terutama di daerah yang mendukung Ibu Kota Nusantara, seperti Tanah Bumbu,” tuturnya.

Sekda Ambo menekankan, pentingnya keputusan yang tetap menjaga kearifan lokal dan menghindari konflik melalui pendekatan persuasif.

Oleh sebab itu atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Tanah Bumbu memberikan apresiasi. Harapanya kegiatan ini, akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan wilayah perairan Kawasan Batulicin dan pemanfaatannya yang berkelanjutan.

Penulis : Agus
Pemkab Tanbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya