Wow! Momen Harjad, Komunitas Anggrek Persembahkan Jenis Baru 'Dendrobium Ibnu Silah'

hallobanua.com, BANJARMASIN - Di momen Pemilihan Duta Anggrek 2023 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi (Harjad) ke 497 Kota Banjarmasin, Komunitas Anggrek Banjarmasin juga turut melaunching anggrek jenis baru hasil penyilangan beberapa jenis bunga anggrek.

Diketahui, anggrek yang dilakukan penyilangan sejak bulan juli 2018 tersebut diberikan nama Dendrobium Ibnu Silah.

"Ini sebenarnya sebuah persembahan dari komunitas anggrek di Banjarmasin, yang melakukan penyilangan sejak tahun 2018," ungkap Ibnu Sina disela kegiatan di kawasan Kampung Ketupat, Banjarmasin Tengah, Jumat (22/9/2023).

Kehadiean anggrek ini kata Ibnu merupakan kado untuk hari jadi Kota Banjarmasin tahun 2023 ini.

Adapun nama anggrek Dendrobium Ibnu Silah sendiri ujarnya sudah di registrasi melalui Royal Horticultural Society (RHS). 

RHS yang didirikan pada tahun 1804 sebagai Horticultural Society of London, merupakan lembaga registrasi hibrida baru anggrek yang ada di London, Inggris.

Tak hanya itu, dengan adanya penyilangan yang dilakukan komunitas anggrek ini ujar Ibnu, membuktikan bahwa Kota Banjarmasin bisa menghasilkan varietas anggrek unggul dan bagus.

"Disamping ada anggrek-anggrek alam dari Kalsel yang sudah tercatat, itu tentu menjadi perhatian bagi para pencinta anggrek," tururnya.

Diketahui, Anggrek Dendrobium Ibnu Silah adalah silangan dari anggrek Dendrobium berwarna kuning dan merah dengan anggrek dendrobium yang berwarna putih agak kemerahan.

Penyilangan dimulai pada bulan juli 2018 dan dipanen buah bulan oktober 2018 Sedangkan bunga pertama mekar pada tanggal 12 januari 2020 dengan jumlah 2 kuntum dan bunga memiliki tebal 1 mm. 

Anggrek Dendrobium Ibnu Silah memiliki sepal 2 cm, ukuran petal 4,2 cm dengan tipe tanaman besar dan tangkai bunga tegak.

"Varietas baru anggrek dendrobium Ibnu Silah ini hasil silangan dari dua jenis anggrek yaitu Dendrobium T.Shioi dan Dendrobium Michiko, dan dilauncing pada peringatan hari jadi Kota Banjarmasin yang ke 497. 

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya