Gapai Indonesia Emas 2045, Ideologi Pancasila Diperkuat untuk Generasi Muda

Kepala Kesbangpol Tanbu, Nahrul Fajeri ketika mengalungkan kepada salah satu Paskibraka Wanita. (Foto: Kesbangpol Tanbu).

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad. Di masa itu, ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya. 

Momentum bersejarah tersebut memang masih sekitar seperempat abad lagi. Namun untuk mewujudkannya butuh persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari. Sumber daya manusia Indonesia harus unggul, berkualitas, dan memiliki karakter.
 
Kepala Kesbangpol Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri menuturkan, untuk menggapai Indonesia emas 2045, Ideologi Pancasila harus diperkuat untuk generasi muda.

Hal ini disampaikannya, saat Bimtek Penguatan Ideologi Wawasan Kebangsaan Bagi Paskibra Tahun 2023 untuk Kabupaten Tanah Bumbu, yang dilakukan dari 8-11 Oktober bertempat di Hotel Ciputra, Jakarta, Senin (9/10/2023).

"Alhamdulillah sangat semangat dari adik-adik Paskibra terbaik Putra-putri Tanah Bumbu, dari seleksi tahun 2023 kemarin, mereka mengibarkan bendera secara sukses, dan hari ini sudah di Diklat dijuluki kebangsaan Pancasila di Ciputra Jakarta ini, dengan antusias mengikuti walaupun perjalanan panjang," ujarnya.

Ia merasa bangga dengan semangat dan antusiasme peserta, meski melalui perjalanan yang panjang dan cukup melelahkan.

Nahrul mengungkapkan, pada diklat paskibraka 2023 ini. Mereka harus memahami, tentang apa itu Pancasila masalah ideologi kebangsaan, bahwa Pancasila statusnya perekat bangsa yang ada di Indonesia yang harus dipahami. Terlebih, mereka sebagai kader bangsa, anak muda sebagai pemimpin masa depan, khususnya Tanah Bumbu mereka benar-benar anak-anak muda yang punya karakter.

"Alhamdulillah narasumber pertama nanti pada pukul 10.00 WIB, beliau berpangkat Jenderal bintang dua dalam Lemhanas RI seorang Anggota TNI yang sudah memiliki, pengalaman tentang kader-kader kepada pemimpin. Beliau lah nanti narasumber yang pertama seorang Jenderal, mereka akan memberitahukan, bahwa pesertanya adalah anggota Paskibraka. Mereka siap, untuk menjadi narasumber dan ini bukan hal mudah," ucap Nahrul. 

"Kami coba melobi kepada Lembaga Pertahanan Nasional ini, biasa yg mereka hadapi Kepala Daerah, Bupati Gubernur para-para Menteri, saat ini berhadapan dengan anak Paskibraka," tambahnya.

Kemudian juga nanti turut menjadi pembicara ialah Direktur Undang-undang kapasitas negara dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) merupakan putra asli Tanah Bumbu, yang sudah mengenyam pendidikan hingga level doktoral dan meraih gelar guru besar.

"Tak lupa saya ucap terima kasih kepada masyarakat Tanah Bumbu, terutama kepada Bupati, Sekda, wakil Bupati, yang telah mengijinkan kami membawa kader pemimpin ini, paskibraka ini Diklat secara khusus, untuk menciptakan anak muda yg berkarakter, mudah-mudahan Tanah Bumbu kedepannya tambah maju dan berkah," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Pendidikan dan Pelatihan BPIP RI, Dr. Yakub KM merasa bangga dengan semangat Paskibraka Tanah Bumbu ini. Ia menekankan, bagaimana pembentukan karakter, generasi muda kita terutama generasi muda ada di paskibraka ini.

"Jadi disinilah tujuan kami sebenarnya di Badan Ideologi Pancasila, bagaimana membentuk karakter bangsa, para generasi muda di Paskibraka ini yang nanti dia akan menjadi pemimpin masa depan, pemimpin masa yang depan yang meneruskan bangsa ini, oleh karena itu mereka harus kita didik menjadi orang yang punya integritas, punya nilai kejujuran punya keberanian jiwa patriotisme, tegasnya.

Yakub menyebut pemuda hari ini yang akan melanjutkan estafet pembangunan kedepan bangsa Indonesia. Ia merasa bangga dengan jiwa patriotisme anak muda Tanah Bumbu.

"Prioritas yang kita kejar untuk mencapai Indonesia emas 2045 adalah ideologi Pancasila menjadi penuntun untuk mencapai tujuan bersama," imbuhnya.

Penulis : agus
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya