Hadapi Pemilu 2024, Partai Demokrat Kalsel Gelar Pelatihan Pelatih Saksi di TPS

hallobanua.com, BANJARMASIN - DPD Partai Demokrat Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Pelatihan Calon Pelatih Saksi TPS, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan yang di gelar di Best World Kindai Hotel Banjarmasin itu, diikuti sebanyak 60 perwakilan dan peninjau baik dari DPC, sampai DPD Partai Demokrat se Kalsel.

Kepala Badan Doktrin Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) DPP Demokrat, Irwan Rinaldo Syarief mengatakan, kegiatan tersebut sesuai arahan Ketua Umum (Ketum) Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk pertama kalinya membentuk Badan Koordinasi Saksi Nasional Partai Demokrat.

"Dimana kualifikasi dan kualitas saksi partai Demokrat setiap TPS kita harapkan akan bisa berjuang dengan visi dan misi yang sama," ungkapnya kepada awak media, Rabu (11/10/2023).

Oleh karena itu, Demokrat kata dia secara simultan melakukan pembekalan terhadap para saksi di setiap daerah. Baik mulai dari tingkat DPC sampai DPD.

"Bahkan nantinya sampai secara teknis, hingga ke saksi-saksi TPS di daerah masing-masing," harapnya.

Nantinya, sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan, pihaknya berharap para peserta bisa menjadi pelatih bagi para saksi di Kalsel.

Sementara itu, Sekretaris DPD Demokrat Kalsel, Bambang Yanto Permono berharap kepada pelatih saksi di TPS agar bisa mengimplementasikan apa yang telah diberikan oleh Badan Saksi Nasional Partai Demokrat nanti.

"Karena kunci kemenangan suatu partai itu, di tangan saksi. Makanya kami berpesan agar para peserta selalu menyimak arahan dari DPP," ujarnya.

"Agar ilmu dari DPP ini, bisa diserap semaksimal mungkin oleh seluruh Kabupaten Kota. Karena kita ingin seluruh TPS di Kalsel terisi semua," sambungnya.

Adapun persyaratan untuk menjadi saksi di TPS kata Bambang juga Fraksi Demokrat di DPRD Kota Banjarmasin ini  yakni memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Demokrat.

"Jadi tentu kami akan terus berikan koordinasi dan motivasi terus menerus kepada para saksi agar mereka tambah militan terhadap partai demokrat," pungkasnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, Aminuddin Aziz mengatakan sesuai dengan motto dari Badan Koordinasi Saksi Nasional Partai Demokrat, yakni kawal suara, diharapkan melalui kegiatan pelatihan calon pelatih saksi TPS dapat maksimal mengawal suara saat berada di TPS.

Dalam kegiatan ini diberikan materi yakni Manifesto Politik dan Ideologi Politik, materi penggunaan dan petunjuk Buku Saku Saksi dan Lembar Kerja, Penanganan Pelanggaran Pemilu, Aplikasi Pelaporan, selain itu turut pula dilakukan simulasi TPS.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya