ICCF 2023 Resmi Digelar di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kota Banjarmasin menjadi tuan rumah ke 9, gelaran Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2023.

Kegiatan ICCF dihadiri puluhan peserta dari seluruh jejaring Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dari 260 kabupaten/kota di Indonesia.

Kabid Ekraf di Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Widya Fellisa mengatakan, dalam kegiatan ini mengangkat ragam potensi ekonomi kreatif, melalui rangkaian kegiatan Indonesia ICCF di Kota Banjarmasin.

"Kita sudah melakukan beberapa kegiatan yang menunjang seperti event, festival dan pameran baik di dalam dan di luar daerah," ungkapnya saat konfrensi pers di salah satu hotel di Banjarmasin, Selasa (17/10/2023) malam.

Peserta yang mengikuti kegiatan yang digelar selama 4 hari tersebut yakni sebanyak 50 pelaku ekonomi kreatif dari lokal.

Selama ini kata dia, industri ekonomi kreatif sudah sangat maju di Kota Seribu Sungai. Dari 17 sub sektor ekonomi kreatif, di Banjarmasin setidaknya ada 4 sektor yang unggul, seperti kuliner, fesyen, kriya dan photografi.

"Ini merupakan sektor unggulan kita. Banyak pelaku ekonomi kreatif di Banjarmasin dibantu swasta dan tentunya pemerintah," ujarnya.

Rangkaian kegiatan ICCF di Banjarmasin yakni mulai 17 Oktober 2023 kedatangan peserta. Kemudian 18 Oktober 2023, gelaran Creatif City Tour Kota Banjarmasin, dan Creative Exibition 17 sub ekraf.

Sedangkan pada 19 Oktober 2023
Opening dan Creative Conference
berdiskusi tentang masa kini hingga masa depan potensi kolaborasi jejaring kreatif lintas wilayah Indonesia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bersama Keynote Speakers.

Kemudian 20 Oktober 2023 Creative conference jejaring ICCN ( 10 narsum dari komunitas seluruh indonesia ).

Anggaran untuk menyukseskan kegiatan ICCF tersebut ujar Fellisha yakni sebesar Rp1,2 miliar.

"Jadi anggaran yang disetujui DPRD dan Badan Keuangan Daerah, kita siapkan sebesar Rp1,2 untuk 4 hari kegiatan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua OC ICCF Cangkurah 2023, Vicky Arief Herinandharma, mengatakan, tujuan ICCF yakni untuk terjadinya proses pertukaran ilmu dan wawasan agar diimplementasikan demi mengembangkan kota/kabupaten kreatif di Indonesia.

Dengan adanya gelaran ICCF di Banjarmasin, pihaknya menargetkan 3 poin. Pertama yakni keterserapan tenaga kerja, kedua peningkatan nilai ekspor dan terakhir peningkatan PAD. 
"Tiga poin itu menjadi tolak ukur penting," ungkap pria sering disapa Sam Vicky.

Ia pun berharap dengan gelaran ICCF di Banjarmasin ini, dapat memajukan ekonomi kreatif di Kota Baiman.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya