Pemko Banjarmasin Kembangkan Aplikasi Teras Data Berbagi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin terus meningkatkan Pengelolaan Data Sektoral Tematik yang dihasilkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Banjarmasin. 

Hal itu dilakukan agar pengelolaan data sektoral tematik mencapai hasil yang signifikan.  

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, saat menjadi Pembina dalam apel pagi bersama ASN Pemko Banjarmasin, Kamis (12/10/2023).

Menurut Windi, kepedulian terhadap data statistik sektoral khususnya yang dihasilkan oleh SKPD sebelumnya kurang maksimal.

Akan tetapi, berkat berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh dinasnya, jumlah data yang berhasil dikumpulkan telah meningkat secara signifikan, mencapai lebih dari 480 set data.

"Alhamdulillah dengan beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan di bidang statistik, sebulan terakhir ini sudah bisa dikumpulkan jumlah set data yang signifikan," ungkap Windi.

Ia pun turut menyampaikan rasa terimakasih atas upaya dan kerja sama jajaran SKPD untuk bisa kita meningkatkan data-data yang dimiliki.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa data tersebut memiliki peran penting sebagai dasar bagi para pimpinan dan kepala SKPD dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. 

Oleh karena itu, Diskominfotik Banjarmasin saat ini sedang mengembangkan aplikasi yang akan mengintegrasikan semua data sektoral tematik ke dalam sebuah aplikasi berbasis geospasial, yang disebut 'Teras Data Berbagi'.

"Aplikasi Teras Data Berbagi ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada pimpinan dan kepala SKPD dalam mengambil keputusan terkait pengusulan kegiatan di berbagai wilayah khususnya di kelurahan," katanya.

"Aplikasi ini, akan menggambarkan profil wilayah kelurahan, mencakup kondisi kependudukan, pendidikan, kesehatan masyarakat, dan faktor-faktor lainnya," tambahnya.

Selain itu, aplikasi tersebut kata Windi, akan menjadi sumber informasi bagi berbagai pihak di luar Pemerintah Kota Banjarmasin, seperti akademisi yang dapat menggunakannya sebagai dasar untuk penelitian lebih lanjut. 

Dunia usaha juga dapat memanfaatkan data tersebut untuk pertimbangan investasi di wilayah-wilayah tertentu. 

"Masyarakat kota Banjarmasin akan mendapatkan informasi tentang capaian hasil pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah kota," tuturnya.

Selanjutnya, Windi meminta dukungan dari seluruh SKPD untuk melengkapi data yang diperlukan, sehingga aplikasi Teras Data Berbagi dapat menciptakan profil yang lebih lengkap untuk wilayah kelurahan di seluruh kota Banjarmasin. 

Ia menyoroti pentingnya memiliki data time series yang mencakup setidaknya lima tahun ke belakang, dan berharap situasi ini dapat diperbaiki kedepannya untuk mencapai tujuan pembangunan Kota Banjarmasin sesuai visi dan misi. 

"Dengan demikian, Banjarmasin akan menjadi kota yang lebih maju dan bermartabat bagi seluruh penduduknya," tutupnya

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya