Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, Puluhan Warga Banjarmasin Dapat Pelayanan KB Gratis

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Banjarmasin bersama perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berikan pelayanan KB gratis kepada puluhan warga di Kalsel.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 September lalu.

Dimulai di Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan pada Senin (2/10/2023) lalu, pelayanan KB langsung diserbu warga setempat.

Totok Suranto, Koordinator Balai Penyuluhan KB Kecamatan Banjarmasin Selatan mengatakan, pihaknya setidaknya sudah mendaftarkan sebanyak 38 akseptor.

"Pelayan KB MKJP dalam rangka hari kontrasepsi sedunia, kami buka link dengan pendaftar 38 akseptor. Dan tidak daftar link pun bisa kami layani," ungkapnya kepada hallobanua.com.

Adapun pemberian pelayanan KB kata dia yakni implan dan Intrauterine Device (IUD) atau biasa dikenal dengan KB Spiral.

"Khusus di Banjarmasin Selatan itu 38 orang. Nantinya dikecamatan lain akan kami lanjutkan di kader pada layanan lain seperti pil dan kondom," pungkasnya.

Tak hanya di Kecamatan Banjarmasin Selatan, pihaknya juga bekerjasama dengan TNI Republik Indonesia dan melaksanakan pelayanan KB di Klinik Gatot Subroto.

Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 06.04.02 Banjarmasin, Letkol Ckm Burhan Arifin Amd menuturkan, pihaknya turut berpartisipas untuk memeriahkan pelayanan KB dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia ini.

"Alhamdulillah kita juga kerjasama dari pemerintah pusat hingga di daerah untuk memasang implan dan IUD ini," ungkapnya Selasa (3/10/2023).

Melihat antusias warga di Kalsel khususnya Banjarmasin kata dia cukup banyak warga yang sudah melek akan adanya pelayanan KB tersebut.

"Ini saja mendaftar sudah 20 orang. Kedepannya nanti akan kita kerjasamakan terus jika ada pemasangan implan. Khususnya di daerah-daerah faskse di kabupaten,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Pelayanan KBKR perwakilan BKKBN kalimantan Selatan, dr. Mahendra Prakosa memaparkan, pekan kontrasepsi sedunia digelar mulai 26 September sampai 4 oktober besok, sudah mencapai angka 32 persen dari target ditentukan.

"Dan Alhamdulillah animo masyarakat juga meningkat terkait pelayanan MKJP," ujarnya kepada hallobanua.com, Selasa (3/10/2023).

Pihaknya pun turut mengucapkan terima kasih kepada Denkesyah Banjarmasin atas kolaborasi dalam peringatan hari kontrasepsi sedunia tahun 2023 ini.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya