Peringati Hari Santri Nasional 2023, Pagar Nusa Kalsel Gelar Pencak Dor Pertama di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa menggelar tradisi pencak dor di Jalan Pemurus Kota Banjarmasin tepatnya di halaman DPW Gerindra Kalsel pada Minggu (22/10/2023). 

Pencak Dor sendiri merupakan ajang tarung bebas yang lahir dari lingkungan pondok pesantren dan menjadi tradisi. Ajang ini merupakan sarana latih tanding pencak silat antar santri di Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

"Ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang dilaksanakan secara internal oleh Pagar Nusa yang merupakan badan otonom di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) di bidang Pencak Silat," terang Ketua Pelaksana Pencak Dor Suyatno. 

Selain itu, Ia menjelaskan kegiatan ini juga bertujuan sebagai ajang silaturahmi para santri santri Pagar Nusa yang ada di Kalimantan. 

"Kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi para santri, dimana dalam peringatan kali ini selain berkumpulnya santri se Kalsel dihadiri juga dari Pagar Nusa Kalimantan Tengah," tuturnya. 

Suyatno berharap dari kegiatan ini pihaknya dapat menggelar kegiatan ini secara rutin kedepannya sehingga dapat melestarikan budaya. 

"Ini kita pertama kali mengadakan Pencak Dor di Kalsel dengan harapan dapat memperkenalkan budaya asli tarung bebas Indonesia daripada berkelahi dan tawuran di jalan yang malah merugikan warga sekitar," harapnya. 

"Meskipun kita bertarung di atas ring, budaya ini tetap mengutamakan sportivitas dengan moto di atas lawan di bawah kawan, dimana jika sudah selesai ya kita kembali akrab, kembali saudara lagi," lanjutnya. 

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Kalimantan Selatan Kalsel Hj Mariana atau yang akrab dengan sapaan Hajjah Ana yang telah membantu kegiatan tersebut. 

"Kita segenap keluarga besar Pagar Nusa Kalsel juga mengucapkan terimakasih kepada para sponsor yang telah membantu acara Pencak Dor ini hingga sukses dilaksanakan seperti sekarang," pungkasnya.

Penulis : krisna
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya