Seorang Pendaki Perempuan Dievakuasi dari Pendakian di Gunung Halau-Halau HST Lantaran Drop

hallobanua.com, HULU SUNGAI TENGAH - Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seorang pendaki yang mengalami sakit saat sedang mendaki di Gunung Besar atau Gunung Halau-Halau, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) pada Minggu, (01/10/2023) kemarin. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin Al Amrad, membeberkan kronologi kejadian. 

Menurut saksi salah satu teman pendaki , Tim pendaki merupakan mahasiswa gabungan dari Banjarmasin dan Kabupaten Banjar yang terdiri dari 7 orang.

Para mahasiswa pergi mendaki ke Gunung Besar Halau-halau pada tanggal 27 September 2023, selanjutnya saat akan turun kembali dari puncak gunung pada tanggal 30 September 2023.

"Satu orang yang bernama Ayu (25) asal Banjarmasin mulai merasakan lemah dan sakit sehingga tidak bisa meneruskan perjalanan turun gunung," ungkapnya dalam siaran pers.

Lalu, pada siang hari pihaknya pun menerima laporan dan langsung menurunkan personil melalui Unit Siaga SAR Tabalong untuk segera melakukan proses evakusi terhadap korban. 

"Siang itu juga Tim yang di koordinatori oleh Aris Wintoko meluncur kelapangan dan langsung berkoordinasi dengan Potensi SAR yang ada di lapangan," ujarnya.

Tak hanya itu, Tim SAR Gabungan, Basarnas, BPDB Hulu Sungai Tengah, Relawan Murakata, Vertical Rescue Indonesia, Benawa Rescue, Damkar Ankara serta masyarakat setempat  turut berangkat menuju titik korban.

“Pada pukul 16.00 Wita Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban Ayu. Selanjutnya korban di evakuasi dengan menggunakan tandu untuk di bawa ke posko kurang lebih 1 jam berjalan kaki dan 1 jam 30 menit menggunakan sepeda motor," Ungkap Korlap Basarnas, Aris Wintoko.

Sekitar pukul 18.30 Wita, Tim SAR gabungan dan korban tiba diposko selanjutnya korban dibawa ke RS Damanhuri Barabai dengan menggunakan ambulance untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Penulis : rian akhmad
HST
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya