Aplikasi Dedikasi Baiman, Langkah Cepat Untuk Deteksi Inflasi di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Disperdagin Kota Banjarmasin melaunching Aplikasi Deteksi Dini Kendali Inflasi Banjarmasin Barasih Wan Nyaman (Dedikasi Baiman), Senin (27/11/2023).

Launching yang berlangsung di Aula Kayuh Baimbai kota Banjarmasin itu, langsung dilakukan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina sekaligus Sosialisasi Trilogi Pengendalian Inflasi Daerah.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu menyebutkan aplikasi Dedikasi Baiman akan menjadi tonggak baru dalam upaya pengendalian inflasi di kota Banjarmasin. 

Ia menyoroti peran krusial aplikasi itu sebagai alat deteksi dini untuk menghadapi tantangan inflasi yang menjadi perhatian nasional.

"Inflasi ini jadi perhatian seluruh nasional, dan kami berharap tools ini dapat dijadikan sebagai alat untuk mendeteksi diawal dan mengambil tindakan yang pas untuk pengendalian inflasi di Banjarmasin," ungkap Ibnu usai kegiatan. 

Ia pun berharap, aplikasi ini dapat menjamin ketersediaan bahan pokok dan menjaga kelancaran distribusi bahan pokok.

Tak hanya itu. Ia menekankan pentingnya kerja sama dengan supplier, terutama dalam pasokan bawang dan daging sapi yang berasal dari NTB atau Jawa Timur. 
"Pengendalian inflasi di Banjarmasin melibatkan kolaborasi erat dengan pemasok dan peran strategis distributor," katanya.

Ibnu juga menjelaskan tentang peran TPID yang dipimpin oleh Sekda dalam mengawasi pengendalian persediaan bahan pokok.

"Kita sudah berhasil menekan angka inflaasi hingga 2,49%, ini penting agar pengendalian inflasi tidak berdiri sendiri dan memerlukan koordinasi yang baik dari berbagai pihak," tuturnya.

"Kerjasama Antar Daerah (KAD) itu penting bukan hanya antar provinsi, tapi juga antar sesama di Kalsel pun juga harus dijalankan, seperti kabupaten tanah laut, batola, dan kabupaten Banjar," lanjut Ibnu.
Ia pun juga menyoroti langkah-langkah inovatif, seperti subsidi transportasi, yang melibatkan penggunaan anggaran tidak terduga untuk mengamankan jalur transportasi. 

"Ini bukan hanya langkah strategis tetapi juga menjadikan Banjarmasin sebagai contoh bagi kota-kota lain dalam menghadapi tantangan inflasi," tandasnya.

Dengan semangat kolaboratif dan langkah-langkah proaktif, Ibnu Sina memastikan bahwa Banjarmasin tidak hanya mampu mengatasi inflasi tetapi juga menciptakan lingkungan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan untuk kesejahteraan bersama.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya