Dispersip Tanbu Bimtek Penataan Kearsipan Bersama SKPD

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Dispersip Tanah Bumbu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penataan kearsipan bersama puluhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bertempat di Ruang Rapat Bersujud 1 Bupati, Senin (13/11/2023).

Bimtek Penataan Kearsipan ini, diikuti sebanyak 54 SKPD yang pesertanya terdiri dari Kasubag Umum, dan Kepegawaian, serta Pengelola Arsip SKPD.

“Total peserta sebanyak 162 orang,” Kata Kepala Dispersip Tanbu Yulia Ramadani melalui Kabid Kearsipan Aulia Hadi Waluyo Perdana.

Aulia mengatakan latar belakang di laksanakanya bimtek adalah untuk menjalankan amanat Perda Tanbu Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan kearsipan.

“Dispersip selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) bertanggung jawab melakukan pembinaan kearsipan terhadap Perangkat Daerah,” ucapnya.

Ia mengatakan instrumen audit kearsipan eksternal pembinaan kearsipan terhadap Perangkat Daerah menjadi penilaian LKD Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan serta Arsip Nasional Republik Indonesia.

“Targetnya agar Perangkat Daerah dapat memperhatikan dan mengelola serta menata arsip mereka. Karena arsip tersebut menjadi bahan pertanggungjawaban SKPD masing-masing sebagai pencipta arsip,” katanya.

Sementara itu, Bupati Tanbu, Abah Zairullah Azhar di wakili Plt Asisten Administrasi Umum, Hj Narni menyampaikan penataan arsip merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam SKPD.

Karena dengan adanya penataan arsip yang baik dan teratur, maka dalam penemuan kembali arsip bisa di lakukan dengan mudah.

Ia menambahkan, penataan arsip yang baik dan teratur mencerminkan keberhasilan suatu pengelolaan kegiatan di masa lalu yang akan besar pengaruhnya terhadap perkembangan di masa mendatang.
“Semoga Bimtek ini dapat bermanfaat dalam memberikan pelayanan yang baik dalam menyimpan arsip dan menunjang penyusunan arsip yang berdaya dan berhasil guna.

Narasumber Bimtek Penataan Kearsipan SKPD yakni dari Dispersip Provinsi Kalsel, Muamar selaku Arsiparis Ahli Muda.

Penulis : agus
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya