DLH Siap Kerahkan Pusat Daur Ulang Tangani Eceng Gondok

hallobanua.com, BANJARMASIN - Penanganan eceng gondok yang ada di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin terus dilakukan berbagai pihak.Tak ketinggalan bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin pun siap membantu penanganan eceng gondong melalui Pusat Daur Ulang (PDU) nya.

Namun menurut Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Kota Banjarmasin Marzuki, jika penanganan eceng gondok tidak bisa tertangani di PDU, pihaknya akan mengangkut ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Basirih.

"Di PDU, kapasitasnya tidak terlalu besar. Hanya satu hingga dua ton saja per hari. Sementara yang hanyut, itu banyak sekali," ujarnya Jumat (03/11/2023).
"Memang tak bisa mengentaskan sepenuhnya. Tapi paling tidak, mampu sedikit mengurangi," timpalnya.

Terkait penanganan lain dari eceng gondok ini, Marzuki bilang yakni salah satunya adalah akan menggelar pelatihan pemanfaatan.
"Targetnya nanti ini akan digelar pada awal Desember mendatang, yang pesertanya adalah masyarakat umum dan organisasi lingkungan," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, banyaknya tumbuhan eceng gondok sempat menggangu transportasi sungai Banjarmasin.

Lantas, Dinas PUPR Banjarmasin pun menggandeng Pemerintah Provinsi dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III terkait langkah-langkah penanganan eceng gondok itu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya