Ibnu Himbau Gunakan Aplikasi Elsimil Bagi Calon Pengantin Guna Pengendalian Stunting di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menghimbau pasangan yang mau menikah agar terlebih dahulu mengisi aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil (Elsimil).

Pasalnya, hal itu untuk memastikan kesehatan Calon Pengantin (Catin) di Kota Seribu Sungai.

"Itu bisa diisi ada juga di webnya. Hal itu untuk mengetahui kondisi kesehatan catin, dan dia terdata dan tercatat," ungkap Ibnu saat live talkshow di salah satu stasiun tv lokal di Banjarmasin pada Minggu (26/11/2023) kemarin

Kemudian, untuk orang tua ujar Ibnu diharapkan bisa memberikan pemahaman terkait kesehatan sebelum menikah.

"Jadi bisa cek kesehatan ke Puskesmas terdekat. Jangan takut kalau terjadi apa-apa. Paling tidak 3 bulan sebelum menikah itu sudah harus mendaftarkan diri didampingi tim pendamping," kata Ibnu.

Diketahui, aplikasi Elsimil merupakan aplikasi yang digunakan untuk menekan angka stunting. Aplikasi ini ditujukan kepada calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, dan balita.

Sementara itu, Kepala DPPKBPM Banjarmasin, Helfiannor menambahkan, jika program tersebut diharapkan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Tentunya dukungan dari RT, RW hingga Kelurahan itu penting. Jadi kalau ada yang kurang gizi, langsung dilakukan pemdampingan penguatan makanan bergizinya," ungkap Helfi.

"Memang sangat penting ini untuk pencegahan stunting sejak dini," sambungnya.

Lantas, kontribusi dan intervensi semua pihak itu kata dia juga turut diamini oleh Wali Kota Banjarmasin.

"Termasuk juga kami di Pemko Banjarmasin ada program ASN Peduli Stunting, dan ada program Ka Baimb Ba Acting (Kayuh Baimbai Banjarmasin Cegah dan Turunkan Stunting). Ini harus digaungkan agar 1300 sekian anak tertangani segera, sehingga tidak muncul lagi yang baru," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota Bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya