Launching Aplikasi Bijak, Cara BPKPAD Banjarmasin Optimalkan Pajak Daerah

hallobanua.com, BANJARMASIN - BPKPAD Banjarmasin resmi melaunching aplikasi Bijak (Banjarmasin Integrasi Pajak) di salah satu hotel di Banjarmasin pada Selasa (14/11/2023).

Diketahui, Bijak sendiri merupakan sistem baru di BPKPAD Banjarmasin yang mengkoneksikan seluruh data wajib pajak ke satu sistem atau database.

Kepala BPKPAD Banjarmasin, Edy Wibowo mengatakan, Bijak ini dapat mengoptimalisasi pajak dan retribusi daerah.

"Karena pada tahun depan semua peraturan pajak dan retribusi daerah itu menjadi satu. Jadi kita berusaha memberikan pelayanan termudah bagi masyarakat," ungkap Edy usai launching.

Sebenarnya, sistem satu data dan digitalisasi ini ujarnya sudah dilakukan jajarannya sejak tahun 2022 lalu. Namun dengan proses yang panjang.

"Dengan adanya Bijak ini akan mempermudah proses dan lebih sederhana," ujarnya.

Ia pun berharap masyarakat Kota Seribu Sungai akan lebih familiar terhadap aplikasi ini.

"Kita selalu sosialisasikan ke masyarakat dengan sistem tersebut secara bertahap, agar masyarakat melek tergadap digitalisasi. Karena ini sudah jamannya digitalisasi," pungkasnya.

Adapun pelayanan yang disiapkan di dalam aplikasi Bijak kata Edy yaitu 9 mata pajak diantaranya dari Pajak Bumi Bangunan (PBB), pajak hotel, restoran dan hiburan, BPHTB hingga kenotarisan.

"Serta pengecekkan PBB juga bisa. Asal mereka tahu nomor PBB dan NJOP nya," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya