Mengenang Perang di Kawasan Batakan, TNI AL Hibahkan Kapal Untuk Jadi Monumen Perjuangan

hallobanua.com, TANAH LAUT - Lanal Banjarmasin bersama Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melaksanakan peletakan batu pertama dalam rangka revitalisasi monumen perjuangan di Bukit Timah Desa Tanjung Dewa Kec. Panyipatan Kab. Tanah Laut Prov. Kalimantan Selatan. 

Peletakan batu pertama tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh PJ. Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman dan Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setiyawan, S.H.

"Hal ini merupakan wujud nyata Pemerintah Daerah dan TNI AL dalam melestarikan sejarah di negeri ini," ungkap Komandan Lanal Banjarmasin, Selasa (14/11/2023).

Diketahui, rencana membangun kembali Monumen Perang Batakan Divisi IV ALRI Pertahanan Kalimantan ini ditujukan agar lebih memotivasi generasi muda dalam berwisata sejarah untuk mengenang Tragedi Pertempuran “Perang Batakan”.

"Sehingga generasi muda memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang perjalanan sejarah bangsa," tekannya.

Untuk memeriahkan acara tersebut Mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) yang tergabung pada Sanggar Seni Akademi Borney Gunkay (ABG) menampilkan Tarian Gipang Kibas dan Sendratari Tanah Banyuku yang menggambarkan tragedi perang Batakan.
Sekadar diketahui bahwa pertempuran di Batakan adalah pertempuran antara pasukan yang dipimpin oleh Kapten Mustafa Ideham dari Divisi IV ALRI dengan belanda pada tanggal 7 April 1946. 

Perang ini merupakan misi perebutan kembali wilayah Kalimantan dari penjajah yaitu dengan mengirimkan bantuan logistik untuk rakyat Kalimantan melalui jalur laut ke Batakan sehingga terjadilah pertempuran antara Divisi IV ALRI dengan Penjajah Belanda.

Sebagai dukungan revitalisasi tersebut, TNI AL melalui Lanal Banjarmasin menghibahkan Kapal Eks Patroli-nya kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk dijadikan Monumen Perjuangan sebagai cagar budaya di daerahnya.

Sementara itu, PJ Bupati Kab. Tala Syamsir Rahman turut mengucapkan terimakasih kepada seluruh stake holder dalam mendukung kegiatan Revitalisasi Monumen tersebut.

"Khususnya kita ucapkan terima kasih kepada TNI AL dengan hibah Eks Alutsistanya," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Tanah Laut
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya