SHGB Berakhir Sejak 2022, Disperdagin Banjarmasin Bakal Renovasi Pasar Harum Manis

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Bajarmasin bakal merenovasi Pasar Harum Manis yang berada di Jl. Pasar Baru, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan, rencana renovasi tersebut bakal dilasanakan pada tahun 2024 mendatang.

"Rencananya tahun depan dianggarkan untuk perbaikan bangunan pasar. Rehab secara berkala," ujarnya saat ditemui di salah satu hotel di Banjarmasin, Selasa (14/11/2023) siang.

Rencana itu diambil mengingat pengelolaan pasar itu kini sudah diambil alih Disperdagin Banjarmasin setelah berakhirnya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) pada Juli 2022 lalu.

Akan tetapi, Ia tak menyebut secara gamblang berapa anggaran untuk rehabilitasi pasar itu. Sebab masih dalam pembahasan Rancangan APBD 2024.

"Anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Tapi angka minimal yang kami ambil. Semoga disetujui," akunya.

Sebelumnya diketahui, puluhan  tahun yang lalu, pengelolaan blok pasar di Kecamatan Banjarmasin Tengah, itu berada di tangan pihak ketiga atau swasta.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diraup Pemkot Banjarmasin pun hanya bergantung dari Pajak Bumi Bangunan alias PBB.

"Alhamdulillah kebijakan ini juga sudah disetujui oleh sebanyak 250 pedagang disana," ujarnya.

Dari retribusi per tahun, pasar ini menyumbang Rp300 juta. Sampai sekarang, realisasi pendapatan baru sekitar Rp35 juta.

"Karena masih permulaan, wajar bila pendapatan belum tercapai 100 persen hingga akhir tahun nantinya," tambah.

Namun, dirinya meyakinkan jika dinasnya bakal gencar melakukan penarikan retribusi. Sedangkan untuk pedagang yang menunggak retribusi, pihaknya akan memberikan diperingatan.

"Enam bulan berturut-turut tidak membayar retribusi, maka kami layangkan surat peringatan alias SP. SP dilayangkan berjenjang. Kami tambah juga dengan surat pemberitahuan penyegelan. Bila masih enggan membayar, maka kami lakukan penyegelan," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya