Lewat JKPI 2024, Sekda : Kenalkan Banjarmasin Sebagai Kota Tua di Indonesia

hallobanua.com, BANJARMASIN - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Jaring Kota Pusaka Indonesia (JKPI) direncanakan dilaksanakan di Kota Banjarmasin tahun 2024 mendatang.

Rapat Persiapan Pelaksanaan JKPI pun sudah digelar Pemko Banjarmasin pada akhir bulan Oktober 2023 tadi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman membeberkan, rapat permulaan tersebut juga untuk meminta masukan terkait pelaksanaan kegiatan.

"Makanya kita koordinasi dengan JKPI Pusat terkait pelaksanaan itu bentuknya bagaimana," ujar Sekda, Selasa (07/11/2023).

Rencananya, ada beberapa kegiatan  yang dikemas dalam JKPI di Kota Seribu Sungai.

Dipilihnya Kota Banjarmasin sebagai wadah pelaksanaan Rakernas tersebut bukan tanpa sebab, selain dikenal sebagai kota tua yang dalam beberapa tahun ke depan  berusia 5 abad, Banjarmasin juga diyakini banyak warisan budaya baik bersifat benda maupun tak benda.

"Apalagi kita juga termasuk anggota yang lama di dalam pendirian JKPI ini. Intinya bahwa setiap kegiatan JKPI itu selalu memunculkan kepusakaan di masing-masing kota. Seperti kalau di kita itu yakni Kerajaan Banjar nya dan sungainya yang dimunculkan," tuturnya.
Dampak jika Kota Banjarmasin ini menggelar rakernas JKPI ujarnya tentu untuk eksistensi Banjarmasin sebagai kota tua dan kota pusaka di Indonesia.

"Jadi orang bakal mengenal Banjarmasin, melalui cerita sungai dan lainnya seperti kampung jaman dulunya," bebernya.

Lantas, sudah saatnya kata Ikhsan, Kota Banjarmasin menjadi tuan pelaksanaan rakernas JKPI yang bakal dihadiri puluhan perwakilan Kabupaten Kota di Indonesia.

"Joga, Semarang dan Palembang kemarin sudah. Jadi sudah saatnya bagi kita Banjarmasin untuk melaksanakan," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya