Nakes Asal Kota Banjarmasin Terima Kontrak Kerja 5 Tahun Kedepan, Ibnu Sina : Ini Hasil Kunjungan Kerja Kepala Daerah ke Luar Negeri Ada Hasil

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kerjasama yang dilakukan antara Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bersama negara Jepang, akhirnya bisa dirasakan manfaatnya bagi warga Kota Banjarmasin.

Pasalnya, belasan Tenaga Kesehatan (Nakes) asal Kota Banjarmasin yang diberangkatkan ke Negeri Sakura pada bulan September lalu, sudah mulai bekerja dalam program Beasiswa Kaikoukai Healthcare Corporation (KHC).

Diketahui, kerja sama yang dilakukan merupakan dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga kerja profesional, terutama di bidang kesehatan.

Ketua Rekrutmen Tenaga Kerja dalam program beasiswa KHC, Machli Riyadi mengungkapkan, ide melakukan perekrutan ini muncul saat mendapat undangan untuk berkunjung ke Kaikoukai Health Care di Jepang.

“Ini merupakan sebuah perjalanan panjang, sejarah yang diawali dari tahun 2020. Tiap tahun Banjarmasin meluluskan perawat dan bidan lebih dari 1.000 orang, sementara jumlah lowongan kerja kita tidak banyak,” ungkap Machli, Kamis (09/11/2023).

Lantas, hal itulah ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Banjarmasin itu, membuat pihaknya membuka program tersebut. Serta mengirimkan 19 orang tenaga kesehatan, yaitu perawat dan bidan. 

Tak hanya itu, pengiriman tenaga kerja terampil atau Caregiver ini ujarnya melalui proses rekrutmen dan pelatihan yang dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, termasuk biaya tiket penerbangan.

"Semoga mereka dapat menyerap ilmu selama kerja di Jepang dan akan menerapkan ilmunya di kota kita nanti,” harapnya.

Saat ini nakes dari Kota Seribu Sungai itu, telah ditempatkan  dan mendapatkan kontrak kerja di Rumah Sakit Kaikoukai selama 5 tahun kedepan untuk merawat lansia yang ada di Negeri Matahari Terbit tersebut.
“Salah satu alasan mengapa Jepang dipilih sebagai tujuan kerja sama ini, adalah karena negara tersebut memiliki populasi orang tua yang tinggi dan membutuhkan perawatan kesehatan yang memadai. Semoga nanti dapat memberikan perawatan yang baik dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” pungkas Machli.

Melihat keberhasilan kerjasama tersebut, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun mengungkapkan bahwa inilah manfaat dari hasil kunjungan seorang kepala daerah ke luar negeri.

"Kadang kritikan tidak selalu dijawab dengan kata-kata. Tetapi dengan kerja nyata. Warga Kota Banjarmasin, bahagia rasanya melihat senyum 16 orang pekerja terampil alumni Kampus di Banjarmasin yang saat ini sudah bekerja di Rumah Sakit Kaikokai Healthcare Group di Nagoya Jepang sejak September 2023 yang lalu," ungkap Ibnu, Kamis (09/11/2023).

Ibnu bilang, dirinya tentu mengetahui betul perjuangan dan kerja keras belasan caregiver selama 6 bulan kursus Bahasa Jepang.

"Sehingga 25 orang Angkatan 1 Program Pemko Banjarmasin dan Kaikokai yang dirintis sejak 2019 ini berhasil dengan baik," harapnya.

"Mereka bukan siapa-siapa, tetapi adalah tulang punggung keluarga. Bekerja di Jepang bukan lagi mimpi bagi Warga Kota Banjarmasin," tuntas Ibnu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya