PAD Masih 63,18 Persen, BPKPAD Bakal Maksimalkan Lewat Sektor Ini

hallobanua.com, BANJARMASIN - Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk tahun 2023 terus dikejar Pemerintah Kota Banjarmasin.

Bahkan, sejumlah sektor potensi penghasil akan dimaksimalkan oleh jajaran Badan Pemeriksa Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah BPKPAD) Kota Banjarmasin.

Diketahui, per bulan November 2023 ini, serapan PAD Kota Banjarmasin masih di angka 63,18 persen, dari target PAD Kota Banjarmasin tahun 2023 sebesar Rp 560 miliar.

Kepala BPKPAD Banjarmasin, Edy Wibowo, mengaku jika akan ada beberapa sektor yang akan pihaknya kejar, agar bisa mencapai target PAD.

"Kita akan kejar mulai dari retribusi parkir, Penerangan Jalan Umum (PJU), relklame dan retribusi sampah," ujar Edy di Balai Kota Banjarmasin, Ranu (29/11/2023).

Edy melihat, beberapa sektor itu masih banyak terdapat potensi yang bisa dimaksimalkan, seperti retribusi parkir. 

Meskipun ada pengurangan penarikan retribusi yang bisa dilakukan, dari 30 persen menjadi hanya 10 persen. Dirinya tetap akan mencoba memaksimalkan serapan PAD dari situ.

"Otomatiskan kita harus melakukan langkah-langkah kedepannya, supaya bisa lebih optimal lagi. Yang pasti kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak lain, untuk bisa memaksimalkan ini dari pengoptimalan kantong-kantong parkir misalnya," tuturnya.

Tak hanya itu, dirinya juga mengaku akan mencoba berkoordinasi dengan DLH bersama dengan PTAM dan perbankan. Ini terkait dengan retribusi sampah.

"Karena ada pembayaran yang lewat sistem, itu tidak tercatat retribusi sampahnya," tuturnya.

Bukan tanpa alasan, setiap pembayaran PTAM yang dilakukan, itu biasanya sudah termasuk dengan pembayaran retribusi sampah atau kebersihan.

Selanjutnya, untuk potensi pajak dari PJU, kepala BPKPAD itu ingin agar bisa dilakukan pendataan ulang seberapa banyak jumlahnya. 

"Antara Dishub dan PLN harus melakukan pendataan ulang, mengingat saat ini juga sudah ada beberapa komplek dan perumahan baru. Ini adalah potensi untuk meningkatkan PAD kita," pintanya.

Terakhir yakni terkait dengan reklame, dimana masih ada potensi yang besar. Ditahun depan pun pihaknya akan melakukan pendataan sekaligus untuk melakukan pembenahan.

"Mudah-mudahan dari potensi reklame parkir, kemudian PJU dan retribusi sampah, ini bisa menambah PAD kita. Maka dari itu kepada rekan-rekan SKPD lain, kami minta untuk bisa saling bekerja sama," ujar Edy.

"Ini memang tugas berat, namun insyaallah dengan dukungan seluruh pihak ini dapat terlaksana," Pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya