Prediksi BMKG, Banjarmasin Diguyur Hujan Besok

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki awal musim hujan secara bertahap pada November 2023 ini.

Hal itu sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyampaikan peralihan musim, dari kemarau ke hujan. 

Ini sesuai dengan prakiraan dari beberapa waktu yang lalu sehingga berimbas pada intensitas hujan pada awal November 2023 ini.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Kelas ll Syamsudin Noor Banjarmasin, Karmana, awal musim hujan di Indonesia  berkaitan erat dengan angin baratan atau Monsun Asia yang mulai aktif memasuki wilayah Indonesia bagian utara pada bulan November 2023 termasuk Kalsel.

"Angin Monsun Asia akan menggantikan angin timuran atau Monsun Australia yang kering dan dingin dari arah Australia," ungkapnya dalam siaran pers.

"Apabila angin itu berasal dari benua Asia yang membawa uap-uap air dari Samudera yang luas di sekitar Asia maka diharapkan akan segera memberikan awan-awan hujan dan mendatangkan musim hujan di wilayah Kalsel," sambungnya.

Dilanjutkanya, kelembaban udara dari lapisan atas yang cukup tinggi didukung dengan labilitas lokal yang kuat menyebabkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Kalimantan Selatan. 

Pihaknya pun memprediksi, mulai Kamis, 2 November 2023 besok, hujan diprakirakan akan mulai mengguyur beberapa daerah di Kalsel.

Mulai dari Banjarmasin, Banjarbaru, Kab. Banjar, Batola, Tapin, HSS, HSU, HST, Kotabaru, Tanah Bumbu dan Tanah Laut.

"Bagi masyarakat dihimbau agar selalu berhati-hati terhadap potensi dampak yang dapat terjadi akibat hujan serta kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan," tuntasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya