Sasirangan Kota Banjarmasin Binaan Dekranasda Jadi Pusat Perhatian Warga Batam

hallobanua.com, BATAM - Stand pameran Dekranasda Kota Banjarmasin yang menampilkan produk lokal dari UMKM Kota Banjarmasin, terlihat ramai dikunjungi masyarakat Kota Batam.

Tak sedikit dari mereka yang menyatakan menyukai produk lokal Kota Banjarmasin berupa kain sasirangan.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin, sejak tanggal 10 hingga tanggal 12 November 2023, mengikuti kegiatan Jamselinas Expo 2023, dan Indovec Expo 2023. 

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di  Venue Mega Mall Batam.

Setidaknya, terdapat dua orang perajin kain sasirangan yang terpilih mengikuti kegiatan tersebut, yakni Fahmi Refa Sasirangan dan Sandi Agustina dari Kantan sasirangan. 

Tak hanya itu, dalam kegiatan yang dipimpin Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, serta Wakil Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti  itu juga menghadirkan Fashion Desainer, Cahtrine Ambasari.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa hadir dalam pameran yang diadakan di Kota Batam. Begitu banyak banyak para pengunjung, mereka  antusias melihat produk kita, jadi dengan kegiatan ini tujuannya juga selain untuk mempromosikan produk khas UMKM Kota Banjarmasin, juga untuk mempromosikan  produk khas lainnya dari Kota Banjarmasin di kota Batam,” ucap Hj Hardiyanti, disela-sela kegiatan pameran tersebut, Jumat (10/11/2023).

Kegiatan pameran tersebut, jelas istri Wakil Wali Kota Banarmasin, H Arifin Noor, memang pertama kalinya diikuti Dekranasda Kota Banjarmasin.

Meski begitu, ia berharap, kehadiran Dekranasda Kota Banjarmasin dalam pameran tersebut bisa menjadi pembuka jalan selanjutnya dalam rangka memperkenalkan produk UMKM Kota Banjarmasin dikancah nasional.

“Ini adalah yang pertama kali ikut di Kota Batam, mudah-mudahan nanti bisa berjalan lancar, sehingga untuk berikut nya nanti kita bisa kembali mengikuti event seperti ini. Dan mudah-mudahan juga nanti tidak hanya di Kota Batam, tetapi kita juga bisa mengikuti event sejenis ini di kota lain,” pungkasnya.

Komisaris PT Bintang Profesional Indonesia (BIGPRO), Risky Apriyani Rosana, menjelaskan, event pameran ini digelar agar para pengrajin produk lokal disetiap daerah, memiliki tempat yang baik untuk menampilkan karya-karya mereka.

Selain itu, bebernya lagi, dengan adanya kegiatan ini, berbagai potensi daerah seperti pariwisata, ekonomi, investasi, perdagangan, Perindustrian, pertanian serta perikanan, bisa digali dan ditampilkan sehingga bisa dilihat serta diminati masyarakat Indonesia dan manca negara. 
“Maka dari tujuan pameran ini kami rasa sangat selaras dengan tujuan pemerintah pusat saat ini, dimana roda perekonomian yang mengalami peningkatan di tengah isu-isu resensi global, sehingga pameran Indovec Expo dapat menjadi pameran yang selalu dinantikan penyelenggaraannya di kemudian hari,” ujarnya.

Selain menjual produk lokal berupa kain sasirang, dalam kegiatan tersebut, stand Dekranasda Kota Banjarmasin juga menjual produk makanan ringan khas Kota Banjarmasin.

Salah seorang pengunjung, Anna, mengaku sangat tertarik dengan produk kain sasirangan khas Kota Banjarmasin. 

Menurutnya, motif kain Kota Banjarmasin sangat bagus dan unik, sehingga cocok untuk dijadikan pakaian berbagai acara baik resmi maupun acara non resmi. 

“Kain ini bagus. Cocok untuk dibuat pakaian untuk berbagai acara,” ucapnya singkat.

Berbeda dengan pengunjung bernama Agus. Pria berumur 47 tahun ini mengaku sangat tertarik dengan penganan ringan berupa amplang ikan.

"Enak dan gurih rasanya. Kemudian rasa ikanya sangat terasa,” ujarnya, sambil menikmati kue amplang.

Penulis : prokom-banjarmasin & tim liputan
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya