Asisten I Harap Penghargaan IGA Jadi Batu Pijakan Perbaiki Sistem Layanan Publik

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin menorehkan pres­tasi terbaiknya pada pen­ghujung tahun 2023 ini. 

Benar saja, kota berjuluk Seribu Sungai ini mendapatkan penghargaan sebagai Kota Sangat Inovatif di Indonesia. Yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, dalam momen Inovative Government Award 2023 di Jakarta beberapa hari lalu. 

Lantas, penghargaan ini pun menjadi catatan prestasi terbaik dalam kepemimpinan Wali Kota Banja­r­masin Ibnu Sina dan wakilnya Arifin Noor.

Asisten I Pemerintahan dan Kesra Dr Machli Riyadi, yang menerima langsung penghargaan diberikan lang­sung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, mengatakan, ini menjadi pendorong untuk ASN di Pemko Banjarmasin terus berinovasi.

"Ini tentu menjadi spirit dan semangat dan seluruh pejabat ASN di kota Banjarmasin untuk menciptakan inovasi lain dimasa akan datang," ungkap Machli di Balai Kota Banjarmasin, Jumat (15/12/2023).

Penghargaan tersebut kata dia tentu harus diimplementasikan serta dimaknai sebagai sebuah batu pijakan dalam memperbaiki sistem layanan, khususnya layanan publik.

"Lebih-lebih di era sistem digitalisasi saat ini. Apalagi Banjarmasin dinyatakan sebagai Smart City, maka harus berkesesuaian dengan apa yang diharapkan kemendagri," ujarnya.

Tak hanya itu, di era digitalisasi ini, ia ingin para pejabat maupun ASN dapat menciptakan inovasi yang dapat betujuan mempermudah pelayanan dan memangkas birokrasi.

"Dan sesuai filosofi pelayanan pak Wali Kota Banjarmasin, kalau bisa dipercepat, jangan diperlambat. Kalau bisa dipermudah jangan dipersulit. Kalau bisa selesai hari ini, jangan tunda esok hari," pungkasnya.

Diketahui, Penghargaan IGA (Inovative Goverment Award) kategori sangat inovatif itu diberikan kepada pemerintah daerah yang memiliki nilai indeks inovasi daerah di atas 60.00. Peng­hargaan bidang inovasi dilak­sanakan melalui pengukuran Indeks Inovasi Daerah.

Disebutkan, ada 36 indikator dalam penilaian indeks inovasi daerah antara lain kemanfaatan inovasi, jumlah inovasi daerah, kualitas inovasi daerah, monit­o­ring dan evaluasi, jumlah kajian inovasi, penggunaan IT, keter­sediaan sumber daya inovasi dae­rah dan regulasi inovasi daerah.

Pada Katagori Kota Sangat Inovatif ini, Banjarmasin mampu melakukan inovasi-inovasi untuk tata kelola pemerintahan yang adapatif, dinamis dan mem­berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya