Buka Wawasan Dinamika Politik, Gabungan Organisasi di Banjarmasin Gelar Forum Dialektika

hallobanua.com, BANJARMASIN - GMNI, Formasi, dan BEM UNUKASE gelar Forum Dialektika dengan tema "Mengamati Dinamika Politik dan Birokrasi Negara Terkini" yang telah dilaksanakan di Ruang Seminar Fakultas Hukum UNISKA MAB. 

Koordinator Kegiatan Forum Dialektika, Muhammad Nurfattah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut ditanggapi antusias oleh para mahasiswa di Banjarmasin. 

"Lebih dari 50 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan di Banjarmasin turut serta dalam kegiatan ini, suksesnya acara ini berasal dari keresahan bersama terhadap keadaan negara yang saat ini sedang terjadi," ujar Nurfattah. Sabtu (23/12/2023). 

Dalam kegiatan tersebut, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Lambung  Mangkurat (ULM) Hadin Muhjad menyampaikan pemilu hari ini tidak lagi menjadi sarana demokrasi yang mana justru banyak sekali kapitalisnya. 

"Berdasarkan pasal 33 yang mana mengutamakan kedaulatan rakyat hingga saat ini mekanisme hukum dalam birokrasi tidak berjalan sebagaimana mestinya, bisa dilihat bagaimana justru kesempatan untuk pemuda dicampur tangankan dan adanya dinasti politik yang terjadi saat ini" ujarnya saat menjadi tamu spesial pada acara tersebut. 

Selain itu, Akademisi Fakultas Hukum UNISKA MAB Iwan Riswandie yang turut hadir sebagai tamu spesial mengatakan kebenaran Hukum dapat dilihat pada saat semua sepakat atas hal tersebut kemudian hal itu dianggap benar. 

Keadaan saat ini dan juga peraturan perundang-undangan sudah bertolak belakang karena banyaknya campur tangan diatas kepentingan pribadi yang memberikan hasil. 

"Harusnya semua bisa berjalan bagaimana jalan Hukum itu sendiri berjalan tanpa adanya paksaan oleh pihak-pihak yang berkepentingan" ujar Iwan

Menanggapi adanya kegiatan tersebut, salah satu peserta Hosea Sibarani mengatakan kegiatan ini sangat membantu membuka wawasan mengenai dinamika politik yang terjadi di Indonesia saat ini dan efeknya kepada birokrasi negara.

"Dengan kegiatan dialektika ini harus ada tindak lanjut dari kita baik peserta maupun panitia yang melaksanakan kegiatan ini agar poin-poin yang disampaikan tamu spesial bisa didengar oleh lebih banyak orang" Ujar Hosea

Penulis krisna
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya