Diresmikan Wali Kota, Mall Pelayanan Publik Banjarmasin Resmi Beroperasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina akhirnya meresmikan langsung Mall Pelayanan Publik (MPP) milik Pemko Banjarmasin pada Kamis (07/12/2023).

Pembangunan MPP ini merupakan salah satu program prioritas Pemko Banjarmasin, setelah sebelumnya sejak tahun 2019 telah mendapat instruksi langsung dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI.

Didampingi langsung Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ari Yani, dan Jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, MPP yang berada di kawasan Mitra Plaza, Kecamatan Banjarmasin Tengah itu resmi beroperasi.

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina mengatakan, hari ini merupakan hari yang spesial mengingat pembangunan MPP ini melalui proses yang tidak mudah.

"Setelah melalui berbagai lika liku pembahasan, dan opsi-opsi. Akhirnya ditetapkan MPP itu di Mitra Plaza ini," ungkap Ibnu dalam Sambutan, Kamis (06/12/2023).

Mitra Plaza ini kata dia merupakan tempat yang memiliki memori dan saksi sejarah penting. Termasuk juga peristiwa Soft Launvhing MPP milik Pemko Banjarmasin ini.
"Mudah-mudahan setelah ini kawasan yang ada di eks Mitra Plaza ini, bisa dikembangkan untuk kegiatan lain," harapnya.

Kemudian, dirinya juga memberikan apresiasi dan rasa  syukur karena komitmen bersama yang dibangun Pemprov Kalsel bersama Pemko Banjarmasin atas terwujudnya MPP ini.

"Karena Gubernur Kalsel bersama Wali Kota Banjarmasin tanda tangan di akta perjanjian dihadapan Menpan RB saat itu, untuk mewujudkan MPP ini," tuturnya.

Ia pun berharap, hadirnya MPP ini dapat memberikan kecepatan, kemudahan, kenyamanan, keamanan dan daya jangkau yang luas.

"Karena Kota Banjarmasin itu kota dagang dan jasa. Jadi harus kita berikan pelayanan terbaik untuk warga dan siapa pun ingin berusaha," imbuhnya.

"Sesuai dengan slogan Kota Banjarmasin kalau bisa dipercepat jangan diperlambat, kalau bisa dipermudah jangan dipersulit, kalau bisa hari ini jangan tunda esok hari," pungkas Ibnu.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Banjarmasin, Ari Yani mengatalan di dalam MPP itu nantinya akan diisi sebanyak 17 instansi secara keseluruhan. Baik itu instansi vertikal maupun horizontal.

"Nantinya dari seluruh instansi yang tersedia itu, akan ada sekitar 150 pelayanan yang dapat di akses oleh masyarakat," bebernya.
Tterkait dengan operasionalnya sendiri, Ari menerangkan MPP ini bisa di akses masyarakat setiap hari Senin sampai Jumat.

"Jam operasionalnya dari jam 08.30 Wita sampai dengan jam 13.00 Wita siang, untuk hari Senin sampai Kamis. Sedangkan pada hari Jumat yakni pukul 08.30 Wita sampai 11.00 Wita," tutupnya.

Diketahui, MPP dibangun di Gedung Mitra Plaza, di Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin Tengah ini, menelan biaya hingga Rp 4,4 miliar lebih dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjarmasin tahun 2023.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya