Hampir Rampung, Proyek Pemeliharaan Jembatan Pasar Lama Tinggal Diaspal

hallobanua.com, Banjarmasin - Progres pemeliharaan Jembatan 9 November atau lebih dikenal dengan Jembatan Pasar Lama sudah hampir rampung.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, tengah melakukan  pemeliharaan di jembatan tersebut, dengan melakukan penambahan aksesoris seperti pipa air mancur dan lampu penerangan.

Namun, menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah, sebelum nantinya diresmikan, pihaknya akan melakukan pemeliharaan aspal terlebih dahulu mengingat kondisi aspalnya yang tidak mulus.

"Iya, akan dipelihara. Akan diaspal lagi. Satu kesatuan dengan penambahan aksesori jembatan," ucap Suri, Senin (11/12/2023).

Ia meyakinkan, pemeliharaan dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat. Juga agar membuat jembatan tetap cantik dan menarik dilihat.

Perempuan sering disapa Yayah itu juga menekankan, bahwa pengaspalan bakal dilakukan dalam beberapa hari ke depan. 

Tapi sebelum itu, pihaknya bakal melakukan uji coba terhadap aksesori jembatan.

"Target kita itu akhir Desember sudah selesai semua. Sama dengan pemeliharaan jembatan lainnya," janjinya.

Diketahui, pemeliharaan jembatan tersebut menelan anggaran cukup besar capai Rp 11,8 miliar untuk penambahan aksesoris jembatan paket 1, di LPSE Banjarmasin.

Namun, dijelaskan oleh Suri jika proyek yang dikerjakan bukan sekadar pemasangan aksesori seperti air mancur dan lampu warna warni, akan tetapi juga mencakup berbagai kegiatan. 

"Seperti perbaikan pagar, dan pengaspalan lantai jembatan. Trotoar untuk pejalan kaki juga diperbaiki," tuturnya.

Ia juga merincikan terkait apa saja proyek yang akan dikerjakan. Seperti penggunaan cat kedap air, pemasangan air mancur, paket lampu hias jembatan tipe A, pembangunan ruang kontrol dari kontainer, dan penyambungan daya listrik 197 KVA.

Air mancur itu digadang akan menjadi ikon jembatan tersebut, juga akan dilengkapi dengan pengendali audio canggih. Dimana akan menyemprot di kedua sisi jembatan.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya