Pemko Banjarmasin Dapat Kapal Canggih Pembersih Eceng Gondok di Sungai

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mendapat bantuan 1 unit Kapal Weed Harvester dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III.

Diketahui, Weed Harvester merupakan kapal pemanen gulma atau pembersih sungai dari eceng gondok yang bakal digunaka Pemko Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin noor bersama jajaran BWS Kalimantan III serta PUPR Banjarmasin langsung menyaksikan cara kerja kapal pembersih sungai berwarna kuning itu di kawasan Sungai Martapura Depan Balai Kota Banjarmasin, Jumat (22/12/2023).

"Cara kerjanya bagus tadi, bisa memotong dan mencincang. Sehingga kemudian jika banyak kiriman eceng gondok dari hulu, alat ini bisa bekerja cepat," ujar Ibnu usai melihat langsung kapal bekerja.

"Ini jika digunakan seperti di kawasan Pasar Lama itu, kemungkinan akan cepat pengerjaannya," sambungnya.

Jangka panjangnya kata Ibnu, kedepannya bakal dikerjasamakan antara Pemko Banjarmasin dan BWS Kalimantan III, untuk pengembangan Pusat Daur Ulang (PDU) di Sungai Gampa.

"Alatnya ini  sampai mencacah. Jadi diharapkan eceng gondok yang larut di Sungai Martapura bisa diangkut dan diolah menjadi kompos," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BWS Kalimantan III, I Putu Eddy Purna Wijaya mengungkapkan kecanggihan kapal tersebut.

Ia bilang kapal tersebut dilengkapi dengan pemotong gulma untuk penyortir, kemudian masuk dalam bak penampungan.

"Penampungannya itu kurang lebih 5 meter kubik. Kalau sudah penuh langsung kita bawa," ujarnya.

Tak hanya itu, kapal tersebut memiliki body yang lebih ramping dan memanjang. Tentunya mudah untuk dioperasikan di sungai besar maupun kecil.
"Kemudian kapal juga dilengkapi echo sounder yang semacam sonar untuk mengukur kedalam sungai dan material apa di dasar sungai," tuturnya.

Karena oprasional kapal tersebut dikerjasamakan dengan Pemko, untuk operator kapal tersebut disiapkan dari Pemko Banjarmasin.

"Jadi hari ini kita serahkan alatnya dan inspeksi kemudian pelatihan untuk operatornya," tuntasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya