Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Banjarmasin Naik Lagi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Tahun 2024 ini, anggaran perjalanan dinas anggota DPRD Kota Banjarmasin kembali meningkat.

Padahal pada 2022 lalu, anggaran perjalanan dinas anggota legislatif sudah mencapai Rp29,6 Miliar. Kemudian ditahun 2023 tadi, naik menjadi Rp30,6 Miliar di tahun 2023. 

Meski saat ini kondisi keuangan daerah sedang goyah, di tahun 2024 ini anggaran perjalanan dinas justru kembali naik dan mencapai Rp32 Miliar untuk satu tahun. 

"Karena refocusing, jadi sekitar Rp31 Miliar untuk tahun ini. Di anggaran perubahan kita usulkan lagi," kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto, pada Kamis (11/01/2024) kemarin.

Ia mengingkapkan anggaran perjalanan dinas senilai puluhan miliar rupiah itu dipergunakan untuk 48 kali perjalanan dalam satu tahun, baik dalam daerah maupun luar daerah.

Dilanjutkan Iwan, adanya kenaikan anggaran perjalanan dinas tahun ini dikarenakan perbedaan harga tiket pesawat, walaupun jumlah perjalanannya sama.

"Kalau untuk 4 unsur pimpinan Rp20 juta per orang. Itu biaya tiket, hotel, uang saku dan transport lokal. Sedangkan untuk 41 anggota sekitar Rp14 juta per orang. Tergantung wilayah tujuannya. Misalnya kalau Surabaya lebih rendah lagi biayanya. Maksimal selama 4 hari perjalanan,” paparnya.

Tak hanya itu, perjalanan anggota DPRD Banjarmasin kini juga dimanjakan dengan terbitnya Perpres 53 Tahun 2023, yang merubah ketentuan perjalanan dinas bagi DPRD.

Pokok pengaturan dalam Perpres ini mengubah pertanggungjawaban biaya perjalanan dinas DPRD yang awalnya at cost menjadi lump sum (uang yang dibayarkan sekaligus untuk semua biaya).

"Kalau dulu masih kita minta bukti boarding pass tiket dan pembayaran hotel. Pagu hotel untuk pimpinan tahun ini juga naik jadi Rp8,5 juta per malam. Tahun lalu masih Rp5 juta per malam," pungkas Iwan.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya