Mulai Lengkapi Koleksi, Museum Kayuh Baimbai Ditarget Buka Untuk Umum Bulan Depan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Museum Kayuh Baimbai yang berlokasi di Jalan Teluk Kelayan, Banjarmasin Selatan rencananya bakal dibuka untuk umum dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar), Puryani mengatakan, beberapa koleksi sudah dimasukkan ke dalam museum milik Pemko Banjarmasin itu.

"Insyallah dalam waktu dekat bakal dibuka untuk umum. Koleksi sudah kita masukkan dan lengkapi," ungkap Puryani, Rabu (10/01/2024).

Ia menyebutkan dari recana 400 koleksi yang ada di Museum Kayuh Baimbai itu, saat ini baru masuk 100 koleksi.

"Yang belum sekarang jejak digital kota kita, termasuk arsip. Ada beberapa item yang belum kita lengkapi," ujarnya.

Sambil melengkapi koleksi di museum itu pihaknya terus melakukan pembenahan untuk nantinya bisa segera dibuka untuk masyarakat umum.

"Insyallah secepatnya, mungkin bulan depan. Tapi saat ini kita lengkapi ada seperti pengamanan dan pagar-pagar," tuturnya.

Nantinya para pengunjung yang datang ke museum pertama milik Pemko Banjarmasin tersebut, tidak dipungut biaya alias gratis.

"Saat ini kita daftarkan ke pusat agar museum kita terdata. Saat ini kita lengkapi administrasinya seperti Kepala Museum dan pejabatnya. Tapi ini kita tunggu proses SK," pungkas Puryani.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya