Ibnu Ajak Warga Lengkapi Museum Kayuh Baimbai Dengan Benda Benda Pusaka Bersejarah

hallobanua.com, BANJARMASIN - Museum Kayuh Baimbai milik Pemko Banjarmasin yang rencananya dibuka untuk umum pada Februari mendatang, disambut baik Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Hadirnya museum yang berlokasi di Jalan Teluk Kelayan, Banjarmasin Selatan itu, tentu bakal menambah objek wisata budaya di Kota Seribu Sungai.

Ibnu Sina mengatakan, sebelum dibuka untuk umum, museum tersebut perlu ada registrasi dengan Museum Nasional.

"Kita evaluasi dengan Disbudporapar untuk mengisi jabatan kepala museum, jadi kita manfaatkan UPT yang ada. Insyallah itu akan segera kita sah kan," ujar Ibnu, Rabu (10/01/2024).

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kota Seribu Sungai itu menghimbau masyarakat, jika memilik benda pusaka bernilai bersejarah agar bisa dititipkan di museum Banjarmasin.

"Adapun terkait pembicaraan lebih lanjut seperti hanya jadi koleksi dan dititipkan di kita, atau diserahkan ke kita, atau dibeli oleh kita. Itu kita bicarakan dengan tim kurator kita," ujarnya.

Nantinya ujar Ibnu, museum tersebut bakal diisi dengan koleksi benda-benda peninggalan sejarah serta dokumen digital sejarah Kota Banjarmasin.

"Dari awal berdiri seperti apa sampai sekarang, dan perkembangan kota. Tematiknya bisa dilukis tentang gambaran suasana Banjarmasin 1000 tahun lalu," bebernya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya