Penataan Pasar Pagi Minggu, Bakal Kerahkan Puluhan Aparat Terkait

hallobanua.com, BANJARMASIN - Penataan kawasan Pasar Pagi atau Pasar Minggu yang berlokasi di Jalan Pasar Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah kini berlanjut.

Kabar terbaru, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, pekan ini bakal melakukan penataan para pedagang disana.

Kepala Disperdagin Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan, dalam penataan pihaknya turut melibatkan Polresta Banjarmasin, Kodim, Dishub, Satpol PP, hingga jajaran Kecamatan.

Dikatakannya pihaknya bersama stakeholder terkait sudah berbagi porsi masing-masing dalam penataan.

"Adapun aparat gabungan yang bakal diterjunkan dalam penataan itu terdiri dari Satpol PP sebanyak 30 personel, Dishub 20 personel, Kecamatan 15 orang dan Disperdagin 30 orang," papar Tezar, Kamis (11/01/2024).

"Sementara Polresta dan Kodim belum menyampaikan jumlahnya," sambung Tezar.

Kemudian, dari pihaknya sendiri untuk penataan pasar tersebut akan melakukan sosialisasi kembali kepada pedagang agar memahami kebijakan itu.

Dimana sebelumnya, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pedagang seiring terbitnya Surat Edaran (SE) Wali Kota Banjarmasin mengenai penataan pedagang dan lokasi parkir para pengunjung Pasar Pagi.

"Insya Allah tim akan turun pada hari Minggu 14 Januari mendatang dan mulai jam 3 subuh," bebernya.

Dirinya pun kembali menekankan penataan kawasan itu hanya dilakukan pergeseran pada para pedagang untuk lebih ke dalam agar parkir pengunjung tidak di bahu Jalan Lambung Mangkurat.

Titik pergeseran pedagang di kawasan Jalan Pasar Baru dimulai dari depan Toko Sepeda Mulai Jaya. Sedangkan di Jalan Brigjen Katamso titiknya di depan Toko Sintesa Teknik.

"Jadi ini bukan memindahkan pedagang yang terdampak ke belakang. Hanya ada pergeseran ke semua pedagang dan posisi sama," tegasnya.

Tak dipungkirinya, pergeseran para pedagang lebih sulit dibandingkan memindahnya. Namun itu dilakukan atas pertimbangan agar adil.

Menurutnya adanya pergeseran itu akan berdampak baik pada semua pedagang terutama di bagian belakang.

"Karena posisi para pedagang di bagian belakang akan berdekatan dekat kantong parkir yang telah ditetapkan. Jadi sama-sama diuntungkan," katanya.

Adapun 5 titik kantong parkir yang telah disiapkan pihaknya diantaranya Jalan Pasar Baru, Jalan Brigjen Katamso, dan di dekat Mesjid Noor.

"Kami berharap kerja samanya dari masyarakat untuk tidak memarkir di Jalan Lambung Mangkurat tapi di kantong parkir yang sudah kita sediakan," harapnya.

Terpisah, Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Banjarmasin, Umar menuturkan dalam penataan itu kawasan Jalan Lambung Mangkurat yang biasa menjadi tempat parkir pengunjung Pasar Pagi akan ditertibkan dan dijaga ketat.

"Memang di sana bukan tempat untuk parkir. Jadi kita pindah ke dalam dengan bergesernya para pedagang," kata Umar.

Lebih jauh, Umar menuturkan akan mengarahkan pengunjung pasar ke sejumlah titik kantong parkir yang sudah ditetapkan dan mengoptimalkannya

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya